Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi beberapa hambatan di SMK PSM Warujayeng diantaranya yaitu terbatasnya waktu pembelajaran PPKn, banyaknya materi sehingga siswa memandang mata pelajaran PPKn sebagai pelajaran yang konseptual dan teoritis serta proses pembelajaran cenderung kurang relevan dengan realita yang dihadapi siswa di masyarakat. Permasalahan tersebut menyebabkan hasil belajar siswa masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh metode pembelajaran menggunakan mind mapping pada materi Integrasi Nasional dalam meningkatkan hasil belajar PPKn. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen dengan sampel penelitian siswa kelas X-TKJ 1 dan X-TKJ 2 SMK PSM Warujayeng. Penelitian menggunakan instrumen berupa RPP, lembar observasi aktivitas guru, dan tes hasil belajar siswa. Hasil menunjukkan pengujian thitung>ttabel atau 2,99>2,02 artinya terdapat pengaruh metode mind mapping terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn khususnya pada materi Integrasi Nasional.
References
Amin. 2018. Filsafat Teori Akuntansi, Magelang: Unima Press.
Djamarah, S.B,. dan Zain, A. 2013. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Lestari, N.D., Ariani, N.R.D., dan Ashadi. (2014). Pengaruh Pembelajaran Kimia Menggunakan Metode Student Teams Achievement Divisions (STAD) dan Team Assisted Individualization (TAI) Dilengkapi Media Animasi Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Asam Basa Kelas Xi Semester Ganjil Smk Sakti Gemolong Tahun Pelajaran 2013/2014, Jurnal Pendidikan Kimia (Jpk), 3(1).
Susanto. 2015. Teori Belajar Dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media
Swadarma. 2013. Penerapan Mind Mapping dalam Kurikulum Pembelajaran. Jakarta: PT Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright (c) 2023 Chulfiya Harfirda