Upaya Peningkatan Hasil Belajar PPKn Materi Kasus Pelanggaran Hak Asasi Manusia dengan Metode Studi Kasus didukung Media Video (YouTube) Siswa Kelas XI-TKJ SMK Hidayatus Sholihin Kabupaten Kediri
PDF

Keywords

PPKn
Studi Kasus
YouTube

How to Cite

Hariadi, W. A. ., Nursalim, N., Widodo, A. ., & Pristiani, Y. D. . (2022). Upaya Peningkatan Hasil Belajar PPKn Materi Kasus Pelanggaran Hak Asasi Manusia dengan Metode Studi Kasus didukung Media Video (YouTube) Siswa Kelas XI-TKJ SMK Hidayatus Sholihin Kabupaten Kediri. Prosiding Seminar Nasional Kesehatan, Sains Dan Pembelajaran, 2(1), 186 –. https://doi.org/10.29407/seinkesjar.v2i1.3016

Abstract

Kendala yang dihadapi dalam proses pembelajaran PPKn memerlukan perhatian khusus dari pendidik karena hal ini jelas mempengaruhi kualitas proses pembelajaran dan hasil belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan serta mengatasi hambatan selama proses pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan satu kali pertemuan dalam setiap siklusnya. Penelitian ini dilaksanakan melalui 4 tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI-TKJ SMK Hidayatus Sholihin Kabupaten Kediri yang berjumlah 32 siswa. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas peneliti dan angket tes akhir siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode studi kasus didukung media video (YouTube) dapat meningkatkan hasil belajar pada setiap siklusnya. Hal ini dibuktikan dengan persentase ketuntasan klasikan pada siklus I sebesar 65,6% dengan nilai rata-rata 72.03 sedangkan pada siklus II didapati persentase klasikal 84,3% dengan nilai rata-rata 81,09.

https://doi.org/10.29407/seinkesjar.v2i1.3016
PDF

References

Achru P., A. 2019. Pengembangan Minat Belajar Dalam Pembelajaran. Jurnal Idaarah, III, 2nd ser., 205-215. https://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/idaarah/article/view/10012/pdf

Anggraeni, Leni. 2012. Penerapan Metode Studi Kasus Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Pada Mata Kuliah Hubungan Internasional. Jurnal Media Komunikasi FPIPS. 11(1), 181-195. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/MKFIS/article/view/462

Daryanto, D., & Dwicahyo, A 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu Terintegrasi Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.

Depdiknas. 2003. Undang-Undang RI No.20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional (Online). Tersedia: https://pusdiklat perpusnas.go.id Accesed on Juni 15th 2022.

Hamdani, Nizar Alam., & Hermana, Dody. 2008. Classroom Action Research Sukabumi: Rahayasa Research and Training.

Jugiyanto, Hartono. 2006. Filosofi Pendekatan dan Penerapan Pembelajaran Metode Kasus. Yogyakarta: CV Andi Offset Jakarta

Kerling, Dea Nenaressa. 2020. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Edmodo Untuk Peningkatan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Animasi Kelas XI MM I Smk Negeri 1 Trenggalek Tahun Pelajaran 2020/2021 (Online). Tersedia: http://files1.simpkb.id/guruberbagi/rpp/222483-1606020338.pdf Accesed on Juni 15th 2022.

Kholifah, Siti. Hikamah, Siti Roudlotul, & Hasybiyati, Haning. 2018. Penggunaan Media YouTube Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pokok Bahasan Sistem Pencernaan Makanan Pada Manusia Kelas VIII Di MTs Sa Miftahus Saadah Sukorambi Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Bioshell. 701). 435-440. http://ejurnal.uij.ac.id/index.php/BIO/article/view/358/336

Haris, M. 2015. Pendidikan Islam Dalam Perspektif Prof. H.M Arifin. Jurnal Ummul Qura, VI, 2nd ser., 1-19. http://ejournal.kopertais4.or.id/pantura/index.php/qura/article/view/2047

Nugent, G.C. (2005). Using And Delivery Of Learning Objects In K-12. The Public Experience Tech Trends, 49 (4, July-August) 61-66. https://www.researchgate.net/publication/225645154_Use_and_delivery_of_learning_objects_in_k-12_The_public_television_experience

Prensky M. (2006) Adopt And Adapt: 21 St Century Schools Need 21st Century Technology. Journal Edutopia, December/January, 43-45. https://search.informit.org/doi/10.3316/aeipt.155997

Sasmita, Wikan., Andyastuti, Etty., & Widodo, Agus. (2021). Pengembangan Model Pembelajaran "Debat" Melalui (Spada) Mata Kuliah Ilmu Negara Untuk Meningkatkan Keaktifan Mahasiswa. Prosiding Seminar Pendidikan & Pembelajaran FKIP UN PGRI Kediri (pp. 864-873). Tersedia: https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/view/2323/1356

Smaldino, S.E., Lowther, D.L., Russell,J.D. (2011). Instructional Technology & Media For Learning. Jakarta: Prenadamedia Group.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2023 Wahyu Agus Hariadi, Nursalim Nursalim, Agus Widodo, Yunita Dwi Pristiani

Downloads

Download data is not yet available.