Pengaruh Metode Pembelajaran Diskusi Kelompok terhadap Sikap Disiplin Siswa Kelas VIII pada Materi Nilai-Nilai Semangat Sumpah Pemuda MTs Hidayatus Sholihin Turus Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri
PDF

Keywords

Diskusi Kelompok
Sikap Disiplin

How to Cite

Khusnah, A. Z. ., Nursalim, N., & Andyastuti, E. . (2022). Pengaruh Metode Pembelajaran Diskusi Kelompok terhadap Sikap Disiplin Siswa Kelas VIII pada Materi Nilai-Nilai Semangat Sumpah Pemuda MTs Hidayatus Sholihin Turus Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri. Prosiding Seminar Nasional Kesehatan, Sains Dan Pembelajaran, 2(1), 48–52. https://doi.org/10.29407/seinkesjar.v2i1.2992

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui sikap disiplin siswa pada penerapan metode pembelajaran diskusi kelompok pada materi nilai nilai semangat sumpah pemuda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yaitu metode eksperimen. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah One Group Pretest-Posttest Design (Satu Kelompok Prates-Postes). Hasil analisis data menunjukkan bahwa metode pembelajaran diskusi kelompok berpengaruh pada pembelajaran diskusi kelompok terhadap sikap disiplin siswa dalam materi nilai nilai semangat sumpah pemuda pada kelas VIII MTs Hidayatus Sholihin Turus kecamatan Gurah Kabupaten Kediri.

https://doi.org/10.29407/seinkesjar.v2i1.2992
PDF

References

Djamaluddin, A. dan Wardana. 2019. Belajar dan Pembelajaran 4 Pilar Peningkatan Kompetensi Pedagogis. Jakarta: CV. Khaaffah Learning Center.

Susanto, Ahmad. 2018. Disiplin Belajar Siswa. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2023 Alfi Zaidatul Khusnah, Nursalim Nursalim, Etty Andyastuti

Downloads

Download data is not yet available.