Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui sikap disiplin siswa pada penerapan metode pembelajaran diskusi kelompok pada materi nilai nilai semangat sumpah pemuda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yaitu metode eksperimen. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah One Group Pretest-Posttest Design (Satu Kelompok Prates-Postes). Hasil analisis data menunjukkan bahwa metode pembelajaran diskusi kelompok berpengaruh pada pembelajaran diskusi kelompok terhadap sikap disiplin siswa dalam materi nilai nilai semangat sumpah pemuda pada kelas VIII MTs Hidayatus Sholihin Turus kecamatan Gurah Kabupaten Kediri.
References
Djamaluddin, A. dan Wardana. 2019. Belajar dan Pembelajaran 4 Pilar Peningkatan Kompetensi Pedagogis. Jakarta: CV. Khaaffah Learning Center.
Susanto, Ahmad. 2018. Disiplin Belajar Siswa. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright (c) 2023 Alfi Zaidatul Khusnah, Nursalim Nursalim, Etty Andyastuti