Penerapan Teknik Self Control untuk Meningkatkan Disiplin Diri Siswa MAN
PDF

Keywords

disiplin diri
teknik self control
konseling kelompok

How to Cite

Aszahra, V. S. ., Krisphiati, Y. D. ., & Atrup, A. (2024). Penerapan Teknik Self Control untuk Meningkatkan Disiplin Diri Siswa MAN. Prosiding Seminar Nasional Kesehatan, Sains Dan Pembelajaran, 3(1), 426–431. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/seinkesjar/article/view/4546

Abstract

Disiplin diri adalah tindakan mengikuti aturan, yang terjadi dengan meningkatkan kesadaran batin seseorang tanpa memaksanya. Namun yang terjadi di lapangan menunjukkan bahwa tingkat disiplin diri siswa di MAN cenderung rendah. Sebab, siswa sudah terbiasa belajar daring dan belum terbiasa dengan peraturan sekolah. Untuk menciptakan lingkungan belajar yang nyaman, penekanan harus diberikan pada siswa dan kepatuhan terhadap peraturan sekolah. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mendukung guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan disiplin diri siswa dengan menggunakan teknik self control. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitiannya adalah eksperimen dan populasi penelitian terdiri dari 25 siswa kelas XI MIPA 5.Teknik pengambilan sampel menggunakan probabilitas sampling dengan simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan pendekatan eksperimen dengan menggunakan desain pre-experimental design tipe one group pretest-postest dengan metode analisis data yang digunakan adalah One-Group Pretest Posttest Design dengan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t. Normalitas. Terlihat sig hasil pre-test sebesar 0,20 dan hasil post-test sebesar 0,161 yang lebih besar dari 0,05. Hasil uji homogenitas menunjukkan bahwa nilai signifikansi (Sig) variabel disiplin siswa sebesar 0,098 baik sebelum (pretest) maupun sesudah (posttest), hal ini menunjukkan bahwa terdapat adalah. Nilai t hitung sebesar 6,628 > t Tabel 2,010635. Ini berarti bahwa ada perbedaan yang signifikan antara nilai rata-rata disiplin siswa sebelum perlakuan dan pasca-perlakuan. Kesimpulan penelitian ini adalah teknik self control berpengaruh terhadap peningkatan disiplin diri dengan intervensi konseling kelompok yaitu RPL.

PDF

References

Affrida, E., N. (2017). Strategi Ibu dengan Peran Ganda dalam Membentuk Kemandirian Anak Usia Pra Sekolah. Journal Obsesi (Journal of Early Chilhood Education), 1(2), 44 – 50

Alim, M., L. (2016). Upaya Meningkatkan Kemampuan Fisik Motorik Kasar Anak melalui Kegiatan Melambungkan dan Menangkap dengan Berbagai Media Anak Usia Dini di TK Al-Fajar Pekanbaru. Journal Obsesi (Journal of Early Chilhood Education), 2(1), 79 – 89

Hurlock, Elizabeth, B. 1999. Psikologi Perkembangan: “Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan” (Terjemahan Istiwidayanti & Soedjarno). Jakarta: Erlangga

Prayitno. 2006. Psikologi Perkembangan Remaja. Padang: FIP UNP

Downloads

Download data is not yet available.