Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil pengamatan peneliti, bahwa teerdapat beberapa hambatan yang terjadi selama pembelajaran mata Pelajaran Pendidikan Pancasila di SMP Negeri 1 Semen. Beberapa hambatan terjadi dianataranya adalah keterbatasan dalam menggunakan media pembelajaran, siswa mengganggap mata Pelajaran Pendidikan Pancasila sebagai mata Pelajaran yang membosankan. Sehingga menyebabkan hasil belajar siswa masih rendah. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan metode pendekatan saintifik dengan memanfaatkan film dokumenter sebagai media pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar? (2) Apakah penggunaan metode pendekatan saintifik dengan memanfaatkan film fokumenter sebagai media pembelajaran dapat pencapai hasil belajar Pendidikan Pancasila? Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian siswa kelas VII-B SMP Negeri 1 Semen. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dan menggunakan instrument berupa Modul Pembelajaran, lembar observasi, dan tes hasil belajar siswa. Hasil analisis data menunjukkan bahwa Metode Pendekatan Saintifik dengan memanfaatkan film dokumenter dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Pancasila hateri Hak dan Kewajiban siswa kelas VII-B SMP Negeri 1 Semen. Hal ini dapat dilihat dari hasil post test siklus I yang menunjukkan nilai rata-rata 59 dengan presentase klasikal 18,5%dan pada siklus II menunjukkan nilai rata-rata 80,59 dengan presentase klasikal sebesar85,1%. Sedangkan berdasarkan lembar observasi keterlaksanaan metode pembelajaran pada siklus I didapati presentase sebesar 77,5% dan pada siklus II 92,5%. Kesimpulan pada hasil penelitian ini adalah (1) Melalui siklus Tindakan pembelajaran dapat ditemukan langkah-langkah yang efektif dengan menerapkan pendekatan saitifik dengan memanfaatkan film dokumenter sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa, (2) Melalui siklus Tindakan pembelajaran penerapan metode pendekatan saintifik dengan memanfaatkan film dokumenter sebagai media pembelajaran terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
References
Arum Pudyas Tawaning Sari. (2021). Implementasi Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Dengan Pendekatan Saintifik Di Sma N 1 Banguntapan Tahun Ajaran 2020/2021.
Daryanto. (2014). Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.
Sigit, P. E. (2023). Penelitian Tindakan Kelas. Eureka Media Aksara.
Subagia, I. W. (2013). Implementasi Pendekatan Ilmiah dalam Kurikulum 2013 untuk Mewujudnyatakan Tujuan Pendidikan Nasional.
Triyanto. (2010). Metode Pendekatan terpadu, Konsep, Strategi dan Implementasinya dalam KTSP. Bumi Aksara.
Zavid Nawa. (2016). Pengaruh pendekatan saintifik pada mata pelajaran fikih terhadap minat belajar siswa kelas viii di mts negeri 3 Medan. Repository UIN Sumatera Utara.