Penggunaan Media Film Bertema Pendidikan Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMK
PDF

Keywords

film bertema pendidikfilm bertema pendidikanan
motivasi belajar siswa

How to Cite

Nabila, D. ., Ningsih, R. ., & Ratnawati, V. . (2024). Penggunaan Media Film Bertema Pendidikan Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMK. Prosiding Seminar Nasional Kesehatan, Sains Dan Pembelajaran, 3(1), 536–541. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/seinkesjar/article/view/4563

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang berada di SMKN 1 Kertosono yaitu kurangnya motivasi belajar yang mengakibatkan siswa malas mengikuti pembelajaran di sekolah, maka guru BK perlu adanya media pembelajaran baru yaitu film bertema pendidikan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah film bertema pendidikan efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di SMKN 1 Kertosono diterima secara praktis dan teoritis sebagai salah satu media BK. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas film edukasi untuk meningkatkan motivasi belajar siswa SMKN 1 Kertosono dapat diterima secara praktis dan teoritis. Penelitian ini dilakukan di SMKN 1 Kertosono. Motivasi belajar siswa merupakan variabel dependen dalam penelitian ini, sedangkan variabel independen adalah film edukasi. Data diperoleh dari siswa kelas XI Tata Boga SMKN 1 Kertosono. Jumlah sampel sebanyak 72 siswa. Teknik analisis yang dipakai dalam penelitian ini adalah uji asumsi klasik, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa data bersifat normal dan bersifat homogen. Berdasarkan hasil uji t menunjukkan variabel motivasi belajar siswa memperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai t hitung sebesar 53,722 sedangkan t tabel adalah sebesar 1,666 yang berarti t hitung > t tabel sehingga artinya (Ho) ditolak dan (Ha) diterima, maka sinema edukasi memiliki kefektifan yang signifikan terhadap meningkatkan motivasi belajar siswa di SMKN 1 Kertosono. Peneliti memberikan saran untuk kedepannya SMKN 1 Kertosono dianjurkan untuk terus melakukan perkembangan terbaru berkaitan dengan pemberian motivasi belajar siswa dengan perkembangan tersebut siswa mampu mengatasi permasalahan yang berkaitan dengan belajar di sekolah maupun di rumah dengan menggunakan film edukasi dalam pemberian motivasi belajar.

PDF

References

Arikunto. (2018). Prosedur Penelitian Ilmiah. Salemba Empat

Astuti, B. (2019). Identifikasi Permasalahan Perancangan Program Bimbingan Dan Konseling Pada Guru Smk Di Kota Yogyakarta. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 10(1). https://doi.org/10.21831/jpipfip.v10i1.16795

Fitrianingsih, N., & Irawati, I. (2021). Implementasi Digital Game Based Learning Menggunakan Aplikasi Educandy Untuk Evaluasi Dan Motivasi Belajar Mahasiswa Bima. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian 2021.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariete dengan Program SPSS IBM 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Kahfi, M., Ratnawati, Y., Setiawati, W., & Saepuloh, A. (2021). EFektivitas Pembelajaran Kontekstual Dengan Menggunakan Media Audiovisual Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Siswa Pada Pembelajaran Ips Terpadu. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(1). https://doi.org/10.58258/jime.v7i1.1636

Lestari, P. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Youtube terhadap Motivasi Belajar Banyuasin Universitas Sriwijaya Berbasis Youtube terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas X Di UPT SMA Negeri 12. https://repository.unsri.ac.id/62367/

Maharani, I., Fridani, L., Akbar, Z., Dan, M., Program, D., Magister, S., & Konseling, B. (2019). Efektivitas Penggunaan Media Film Bertema Pendidikan Dalam Layanan Informasi Bimbingan KlasikaL. In Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan (Vol. 6, Issue 2).

Masri, S. (2020). Multicultural Awareness, Teknik Cinemeducation, dan Biblitherapy. In Penerbit Aksara Timur.

Octavia, S. A. (2020). Motivasi belajar dalam perkembangan remaja. In Motivasi Belajar Dalam Perkembangan Remaja.

Sukiman. (2018). Pengambangan Media Pembelajaran. In Pedagogia (Vol. 13, Issue 1).

Yasri, H. L., & Mulyani, E. (2016). Efektivitas Penggunaan Media Film Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 3(2). https://doi.org/10.21831/hsjpi.v3i2.7931

Downloads

Download data is not yet available.