Media Permainan Monopoli Karier sebagai Sarana untuk Meningkatkan Perencanaan Karier Siswa di SMA
PDF

Keywords

perencanaan karier
bimbingan kelompok
monopoli karier

How to Cite

Istikomah, L. ., Krisphianti, Y. D. ., & Ratnawati , V. . (2024). Media Permainan Monopoli Karier sebagai Sarana untuk Meningkatkan Perencanaan Karier Siswa di SMA. Prosiding Seminar Nasional Kesehatan, Sains Dan Pembelajaran, 3(1), 542–546. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/seinkesjar/article/view/4564

Abstract

 

Penelitian ini dilatar belakangi hasil wawancara dengan guru BK dan juga observasi yang dilakukan peneliti di mana menemukan siswa kelas XII di SMA N 3 Kediri kebanyakan belum memiliki perencanaan karier mengenai apa yang akan mereka lakukan setelah tamat sekolah, peserta didik keluar masuk ruang Bimbingan dan Konseling (BK) untuk bertanya Jurusan apa yang sebaiknya mereka pilih lalu Universitas mana yang sesuai. Mereka masih menunggu stimulus yang akan dikeluarkan oleh lingkungan untuk kemudian direspon dan ditindaklanjuti dengan pengambilan keputusan. Layanan BK yang tersediapun belum memberikan inovasi yang menarik untuk stimulus siswa khususnya dalam meningkatkan Perencanaan Karier. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian RnD (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan oleh Borg and Gall yang dimodifikasi oleh peneliti di mana yang sebelumnya 10 tahap pengembangan dari Borg and Gall, menjadi 5 tahap yaitu (1) potensi dan masalah (2) pengumpulan data (3) produk awal (4) validasi produk awal (5) revisi produk awal. Berdasarkan dari hasil uji yang dilakukan ahli materi memperoleh hasil indeks face validity sebesar 92,5 yang berarti sangat layak digunakan, hasil uji ahli yang dilakukan oleh ahli media memperoleh hasil indeks  face validity  86,9 yang berarti layak digunakan, dan dari uji praktisi hasil  memperoleh hasil indeks face validity sebesar 93,2 yang berarti sangat layak digunakan. Dari semua hasil yang diperoleh maka Monopoli Karier yang telah peneliti kembangkan dapat diterima secara praktis dan teoritis sebagai salah satu media BK. 

PDF

References

Akbar, S. (2015). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Remaja Rosda Karya.

Corey, G. (2006). Teori dan Praktek Konseling & Psikoterapi. Refika Aditama.

Groth-Marnat, G. (2009). Handbook of Psychological Assesment. Pustaka Pelajar.

Mangkunegara, A. P. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia. Perusahaan. Remaja Rosdakarya.

Rivai, V. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia untuk perusahaan. Raja Grafindo Persada.

Rumini, S. (2004). Perkembangan Anak dan Remaja : buku pegangan kuliah. Rineka Cipta.

Sadiman, A. (2014). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Rajawali Press.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian & Pengembangan (Research and Development). Alfabeta.

Downloads

Download data is not yet available.