Media Permainan Dam Quiz sebagai Sarana Melatih Keterbukaan Diri Siswa
PDF

Keywords

keterbukaan diri
bimbingan kelompok
Dam Quiz

How to Cite

Sansastra, P., Ratnawati, V. ., & Khususiyah, K. (2024). Media Permainan Dam Quiz sebagai Sarana Melatih Keterbukaan Diri Siswa. Prosiding Seminar Nasional Kesehatan, Sains Dan Pembelajaran, 3(1), 457–464. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/seinkesjar/article/view/4551

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keadaan dimana terdapat siswa yang merasa takut untuk memberikan informasi tentang dirinya, sehingga menjadi individu yang tertutup dengan lingkungan sekitarnya, dan tidak jarang juga mengalami kesulitan dalam bersosialisasi dengan teman-temannya karena tidak mampu untuk mengungkapkan perasaan atau emosi yang dimilikinya. Salah satu upaya mengatasi melalui layanan bimbingan dan konseling dengan menggunakan teknik “Dam Quiz” pada bimbingan kelompok. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah layanan bimbingan kelompok dengan teknik board games “Dam Quiz” efektif untuk meningkatkan keterbukaan diri siswa serta bagaimana gambaran keterbukaan diri siswa sebelum dan sesudah mendapatkan layanan bimbingan kelompok dengan teknik board games “Dam Quiz” pada siswa SMP Negeri 2 Kertosono. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas penggunaan “Dam Quiz” dalam meningkatkan keterbukaan diri siswa SMP Negeri 2 Kertosono. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode one group pretest-posttest. Teknik sampel menggunakan teknik probability sampling dengan jenis teknik proportionate random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah 143 siswa yang terdiri dari semua siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kertosono. Metode analisis data yang digunakan adalah uji t. Berdasarkan hasil uji t menunjukan variabel keterbukaan diri siswa memperoleh nilai sig. 0,000 < 0,05 dan nilai t hitung bernilai negatif yaitu sebesar -8.656 . Angka t hitung bernilai negatif ini disebabkan karena nilai rata-rata pretest lebih rendah daripada rata-rata posttest keterbukaan diri. Dalam konteks ini maka nilai t hitung negatif dapat bermakna positif. Dengan demikian, dapat ditarik kesimpulan bahwa dalam penelitian ini, (Ho) ditolak dan (Ha) diterima, yaitu penggunan “Dam Quiz” efektif dalam meningkatkan keterbukaan diri siswa SMP Negeri 2 Kertosono.

PDF

References

Auladi, I. N. 2019. Hubungan Perilaku Antisosial Dengan Keterbukaan Diri Siswa (Self Disclosure) Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Kebumen Tahun Pelajaran 2018/2019. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Mapala, P. P., Setyawati, S. P., Khususiyah., & Arofah. L., 2023. Pengembangan Permainan Dam Quiz sebagai Sarana Keterbukaan Diri Untuk Siswa SMP Islam Al Huda Lamongan. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 23(3), 2676.

Prihantoro, E., Damintana, K. P. I., & Ohorella, N. R. 2020. Self Disclosure Generasi Milenial melalui Second Account Instagram. Jurnal Ilmu Komunikasi, 18(3), 312-323.

Salsabila, I. A. V., Ningsih, R., Khususiyah., & Arofah. L., 2023. Pengembangan Instrumen Keterbukaan Diri Berbasis Media Permainan Dam Quiz Pada Peserta Didik Tingkat SMP. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9 (2), 249.

Salsabila, S. P., Hanggara, G. S., Ratnawati, V., & Arofah, L. 2023. Buku Panduan Permainan Dam Quiz Sebagai Media Untuk Melatih Keterbukaan Diri. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9 (2), 230. Susanti, Erna Nur. 2016. Efektivitas Bimbingan Kelompok Permainan Teamwork Terhadap Keterbukaan Diri Siswa Kelas X MAN Yogyakarta. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan dan Konseling. Vol. 5, No. 8.

Winanti, T. & Aprianti, A. 2023. Hubungan Antara Interaksi Keluarga Terhadap Keterbukaan Diri Mahasiswa Universitas Telkom (Studi pada Kerentanan Bunuh Diri Remaja dalam Pengambilan Keputusan Penyelesaian Masalah) . e-Proceeding of Management, 10 (4), 2810-2817.

Downloads

Download data is not yet available.