Pengaruh Penguatan Verbal Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN Pucangsimo 1
PDF

Keywords

Penguatan Verbal
hasil belajar
IPA

How to Cite

Sandy, F. A. ., Wiguna, F. A. ., & Santi, N. N. . (2024). Pengaruh Penguatan Verbal Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN Pucangsimo 1 . Prosiding Seminar Nasional Kesehatan, Sains Dan Pembelajaran, 3(1), 412–419. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/seinkesjar/article/view/4544

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran IPA di SDN Pucangsimo 1 masih tergolong pasif berakibat kurangnya dorongan dari dalam diri siswa yang berdampak pada hasil belajar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) pengaruh penguatan verbal terhadap hasil belajar siswa. (2) pengaruh tanpa penguatan verbal terhadap hasil belajar siswa. (3) perbedaan antara adanya penguatan verbal dengan tanpa penguatan verbal. Pendekatan yang digunakan yaitu kuantitatif. Sampel penelitian terdiri dari 2 kelas: kelas V A (kelas kontrol) dan Kelas V B (Kelas Eksperimen). Menggunakan instrumen berupa RPP dan tes pre-test post-test hasil belajar. Kesimpulan hasil penelitian ini yaitu: (1) Adanya pengaruh pemberian penguatan verbal terhadap hasil belajar dibuktikan dari thitung 13,587 ≥ ttabel 1,694 dimana pemberian penguatan verbal berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar dengan nilai rata-rata 78,18 (2) Adanya pengaruh tanpa pemberian penguatan verbal dibuktikan dari uji t paired sample t test  thitung > ttabel yaitu 10,638 > 1,694. Sehingga tanpa  penguatan verbal berpengaruh terhadap hasil belajar dengan nilai rata-rata 71,51, (3) Adanya perbedaan antara penguatan verbal dengan tanpa penguatan verbal berdasar uji independent sample t test thitung 2,113 ≥ ttabel 1,669 artinya hasil belajar yang diberi penguatan verbal 78,18 > 71,51 hasil belajar yang tanpa penguatan verbal.

 

PDF

References

A’yunid, Alfi Qurrota, and Satrijo Budiwibowo. 2014. Pengaruh Metode Diskusi Dengan Model Pembelajaran DD-CT (Deep Dialogue-Critical Thinking) Dengan Pemberian Penguatan Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi pada Siswa Kelas XI Akuntansi SMKN 1 Geger Madiun. Jurnal Akuntansi dan Pendidikan 3(2).

Fitriani, Abd. Samad, and Khaeruddin. 2020. Penerapan Teknik Pemberian Reinforcement (Penguatan) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Pada Peserta Didik Kelas VIII.A SMP PGRI Bajeng Kabupaten Gowa. Jurnal Pendidikan Fisika 2(3).

Hamalik. 2013. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Idris, and Marno. 2010. Strategi Dan Metode Pengajaran: Menciptakan Keterampilan Mengajar Yang Efektif Dan Edukatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Lendari, Alda, M. Arif Rahman Hakim, Deni Febrini, and Dondi Kurniawan. 2022. Pemberian Penguatan Verbal dan Pengaruhnya pada Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Insan Cendikia Jurnal Studi Islam, Sosial dan Pendidikan 1(1): 66–74.

Magdalena, Mariam. 2018. Melatih Kepercayaan Diri Siswa dalam Menyatakan Tanggapan Dan Saran Sederhana Melalui Penguatan Pujian Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal KIBASP (Kajian Bahasa, Sastra Dan Pengajaran) 1(2):237–45.

Moonti, Usman, Agil Bahsoan, and Abd Marwandi Gumohung. 2021. Pengaruh Keterampilan Menjelaskan Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jambura Economic Education Journal 3(1):1–7.

Nababan, Rosma. 2018. Hubungan Keterampilan Guru Memberi Penguatan (Reinforcement) Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Perguruan Kristen Hosana Medan Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Civic Education 1(1): 1–9.

Nabillah, Tasya, and Agung Prasetyo Abadi. 2019. Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 659–63.

Pristiwanti, Desi, Bai Badariah, Sholeh Hidayat, and Ratna Sari Dewi. 2022. Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling 4(6):7911–15.

Siringoringo, Citra, Osco Parmonangan Sijabat, and Eva Pasaribu. 2023. Pengaruh Pemberian Penguatan Guru Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Negeri. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research 3(2):7302–12.

Siyoto, Sandu, and Ali Sodik. 2015. Dasar Metodologi Penelitian. 1st ed. edited by Ayup. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.

Syarifuddin, Chaeruni Rezki. 2016. Pengaruh Pemberian Penguatan Positif Terhadap Sikap Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di MI Darul Istiqamah Kecamatan Pattalassang Kabupaten Gowa. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam 3(2): 60–70.

Downloads

Download data is not yet available.