Meningkatkan Kemampuan Mandiri Melalui Model Pembelajaran Picture and Picture Menggunakan Media Kartu Karakter pada Anak-Anak Kelompok Bermain Pelita Harapan Kabupaten Kediri
PDF

Keywords

Kemampuan Mandiri
Model Picture and Picture
Media Kartu Karakter

How to Cite

Wellyana, A. P., & Yulianto, D. . (2024). Meningkatkan Kemampuan Mandiri Melalui Model Pembelajaran Picture and Picture Menggunakan Media Kartu Karakter pada Anak-Anak Kelompok Bermain Pelita Harapan Kabupaten Kediri. Prosiding Seminar Nasional Kesehatan, Sains Dan Pembelajaran, 3(1), 369–372. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/seinkesjar/article/view/4537

Abstract

 

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi kurangnya kemampuan mandiri pada anak-anak kelompok bermain di Pelita Harapan Kabupaten Kediri yang disebabkan oleh kurangnya stimulasi yang diberikan kepada anak. Selain itu, terdapat pula tuntutan dari para orangtua untuk lebih mengembangkan kemampuan mandiri anak. Dengan demikian kemampuan mandiri tidak diprioritaskan, meskipun ada beberapa kegiatan yang diajarkan kepada anak, misalnya menggunakan dan melepas sepatu sendiri, memasukkan barang ke dalam tas, dan mengerjakan tugas sendiri. Oleh sebab itu peneliti melakukan model pembelajaran picture and picture menggunakan media kartu karakter untuk meningkatkan kemampuan mandiri pada anak. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran picture and picture menggunakan media kartu karakter dapat meningkatkan kemampuan mandiri pada anak-anak di Kelompok Bermain di Pelita Harapan Kabupaten Kediri tahun ajaran 2023/2024.  Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 3 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi. Subjek dalam penelitian berjumlah 20 anak yang terdiri atas 10 anak laki-laki dan 10 anak perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi sedangkan analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian siklus I menunjukkan kemampuan mandiri pada anak sebesar 30%. Hal ini belum sesuai dengan kriteria tingkat pencapaian anak, untuk itu perlu dilanjutkan pada siklus II. Hasil penelitian pada siklus II menunjukkan bahwa kemampuan mandiri pada anak meningkat menjadi 65%. Hasil penelitian pada siklus III menunjukkan bahwa kemampuan mandiri pada anak meningkat sesuai harapan menjadi 90%. Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa kegiatan model pembelajaran picture and picture menggunakan media kartu karakter pada anak kelompok bermain di Pelita Harapan Kabupaten Kediri sudah meningkat sesuai harapan melalui model pembelajaran picture and picture menggunakan media kartu karakter. 

PDF

References

Firdaus, M. K., & Handayani, D. A. P. (2021). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Anak Usia Dini Melalui Media Busy Book 3D. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(1), 53-62.

Maghfiroh, S., & Suryana, D. (2021). Media pembelajaran untuk pendidikan anak usia dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5 (1), 1560-1566.

Pareira, M. I. R., & Atal, N. H. (2019). Peningkatan Kemandirian Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Bercerita. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 6(1), 35-42.

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911-7915.

Sarayati, S. (2018). Penggunaan Metode Bercerita Dengan Media Gambar Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Dan Sikap Mandiri Anak TK Dewi Sartika Sintang. DUNIA ANAK: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1 (2), 45-55.

Utami, D. (2019). Upaya peningkatan kemandirian anak melalui metode bercerita. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 13(1), 1-10.

Downloads

Download data is not yet available.