Pengembangan Media Bimbingan dan Konseling Truth or Dare Balok Susun untuk Meningkatkan Self-Confidence Siswa SMA
PDF

Keywords

Permainan Truth or Dare Balok Susun
Self-Confidence

How to Cite

Fitriyah, A. L. ., Ratnawati, V. ., & Khususiyah, K. (2024). Pengembangan Media Bimbingan dan Konseling Truth or Dare Balok Susun untuk Meningkatkan Self-Confidence Siswa SMA. Prosiding Seminar Nasional Kesehatan, Sains Dan Pembelajaran, 3(1), 320–325. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/seinkesjar/article/view/4530

Abstract

Penelitian ini mengembangkan media Bimbingan dan Konseling berupa permainan truth or dare balok susun sebagai media penunjang bagi guru BK dalam melaksanakan bimbingan kelompok untuk dapat meningkatkan self-confidence pada siswa di SMA. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan media permainan truth or dare balok susun dan untuk mengetahui tingkat validitas media permainan truth or dare balok susun untuk meningkatkan self-confidence siswa SMA. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian RnD (research and development) dengan menggunakan model pengembangan dari Borg and Gall yang disederhanakan oleh peneliti, kini memiliki 7 tahap pengembangan Borg and Gall, yang sebelumnya memiliki 10 tahap. Instrumen pengumpulan menggunakan teknik wawancara dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media permainan truth or dare balok susun yang dikembangkan oleh peneliti telah valid dan praktis digunakan dalam pemberian layanan bimbingan konseling terkhusus pada bimbingan kelompok di tingkat SMA.

PDF

References

Achmad, W. 2021. Citizen and netizen society: the meaning of social change from a technology point of view. Jurnal Mantik, 5(3), 1564-1570.

Fitri, E., Zola, N., & Ifdil, I. 2018. Profil kepercayaan diri remaja serta faktor-faktor yang mempengaruhi. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 4(1), 1-5.

Ginanjar, A., Supriatna, E., & Annisa, D. F. 2023. Pengembangan Permainan Kartu Truth or Dare Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Smp/Mts. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling dalam Pendidikan), (Online), 6 (5): 402-409, tersedia: https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/fokus/article/view/12927, diunduh 15 Oktober 2023.

Jalil, K. A. 2023. Pengembangan Media Bimbingan Dan Konseling Modifikasi Truth and Dare Card Untuk Meningkatkan Self-Confidence Pada Peserta Didik Di Smp Negeri 1 Wonomulyo. Pinisi Journal of Education, (Online), tersedia: http://eprints.unm.ac.id/27298/, diunduh 18 Juli 2023.

Musriandi, R., Meutia, P. D., & Saifuddin, S. 2020. Self Confidence Mahasiswa Dalam Perkuliahan Biostatistik. Jurnal Serambi Akademica, 8(7), 1216-1222.

Riduwan. 2015. Dasar-Dasar Sistematika. Bandung: Alfabeta.

Thalib, A. S. 2020. Pengembangan Media Permainan Monopoli Truth and Dare untuk Meningkatkan Self Confidence Pada Peserta Didik di SMP Negeri 8 Makassar. Skripsi. Makassar: Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Makassar.

Downloads

Download data is not yet available.