Pengaruh Permainan Tradisional Gobak Sodor Terhadap Gerak Fundamental Bagi Siswa SD Laboratorium UNP Kediri
PDF

Keywords

permainan tradisional
Gerak Fundamental

How to Cite

J. Saputra, T., Yuliawan, D. ., & Asgi Sukmana, A. . (2024). Pengaruh Permainan Tradisional Gobak Sodor Terhadap Gerak Fundamental Bagi Siswa SD Laboratorium UNP Kediri. Prosiding Seminar Nasional Kesehatan, Sains Dan Pembelajaran, 4(1), 636–645. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/seinkesjar/article/view/5615

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh permainan tradisional Gobak Sodor terhadap keterampilan gerak fundamental siswa SD. Gerak fundamental yang di maksud meliputi gerak lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif. Latar belakang penelitian ini di dasarkan pada pentingnya peningkatan keterampilan gerak dasar siswa melalui pembelajaran jasmani yang inofatif. Permainan tradisional Gobak Sodor di pilih karena sifatnya yang melibatkan banyak gerakan fisik dan kerjasama, yang di nilai efektif untuk meningkatkan keterampilan gerak fundamental siswa Metode penelitian yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian di lakukan pada siswa kelas atas SD Laboratorium UNP Kediri, dengan total 35 siswa yang berpartisipasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa permainan Gobak Sodor secara signifikan meningkatkan keterampilan gerak fundamental siswa, terutama dalam aspek gerak lokomotor, no-lokomotor, dan manipulatif. Permainan ini juga di temukan mampu meningkatkan antusiasme dan interaksi sosial siswa selama pembelajaran jasmani. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan permainan tradisional seperti Gobak Sodor dapat menjadi media yang efektif dalam pembelajaran jasmani untuk melatih keterampilan gerak dasar fundamental siswa.

PDF

References

Ashari. (2019). PERBANDINGAN PENGARUH PERMAINAN OLAHRAGA TRADISIONAL HADANG, TEROMPAH PANJANG, EGRANG TERHADAP PENINGKATAN DAYA TAHAN, KECEPATAN, DAN KESEIMBANGAN PADA SISWA EKSTRAKURIKULER SD IMPRES 1 TENGA KABUPATEN BIMA NTB.

B. P. H Mashuri (2019). “Peran permainan tradisional dalam pendidikan jasmani untuk penguatan karakter peserta didik.

M. F. WP Kurniawan, (2019). Pendekatan bermain sebagai solusi mengenalkan teknik dasar sepak takraw.

M. K. Pratiwi, Y., (2014). Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Jasmani untuk Anak Usia Dini Berbasis Tematik.

Nurwiyanto et al.,. (2021). Pemanfaatan permainan tradisional sebagai media pembelajaran edukatif pada siswa sekolah dasar.

Piaget dan Inhelder, (2010). Pengembangan Model Latihan Keterampilan Motorik Melalui Olahraga Tradisional Untuk Siswa Sekolah Dasar.

S. S. A Wahyuni, (2016). Analisis Perbandingan Kinerja Keuangan Perbankan Asean (Studi Pada Bank Umum Indonesia, Thailand Dan Filipina).

Saputra. (2017). SURVEI TINGKAT KEBUGARAN JASMANI SISWA KELAS XII SMK NEGERI 3 KOTA PROBOLINGGO.

W. S. IP Darmayasa, (2009). WORKSHOP MANAJEMEN PEMBINAAN DAN KEPELATIHAN OLAHRAGA BAGI PELATIH KONI TABANAN.

Wahyu haerudin. (2018). Sejak 2024 Sejak 2023 Sejak 2020 Rentang khusus... Urutkan menurut relevansi Urutkan menurut tanggal Semua jenis Artikel kajian [PDF] upi.edu Pengaruh permainan olahraga tradisional bebentengan terhadap kemampuan kelincahan anak usia 8-9 tahun.

Downloads

Download data is not yet available.