Survei Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Kelas IV Dan V Sekolah Dasar Negeri 4 Begadung Kecamatan Nganjuk Kabupaten Nganjuk Tahun Ajaran 2023/2024
PDF

Keywords

Kebugaran
Jasmani
Siswa

How to Cite

Herlambang, J., Lusianti, S., & Asgi Sukmana, A. . (2024). Survei Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Kelas IV Dan V Sekolah Dasar Negeri 4 Begadung Kecamatan Nganjuk Kabupaten Nganjuk Tahun Ajaran 2023/2024. Prosiding Seminar Nasional Kesehatan, Sains Dan Pembelajaran, 4(1), 970–977. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/seinkesjar/article/view/5656

Abstract

Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Menurut Sugiyono (2017:  8) metode penelitian kuantitatif dapat diartikan sebagai metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat positivisme, digunakan untuk meneliti pada populasi atau sampel tertentu, pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian, analisis data bersifat kuantitatif/statistik. Pada penelitian ini tanpa menggunakan uji hipotesis. Metode yang digunakan adalah survei dengan teknik pengumpulan data menggunakan tes dan pengukuran. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah peserta didik Kelas IV dan V Sekolah Dasar Negeri  4 Begadung yang berjumlah 45 peserta didik terdiri dari 28 pa dan 17 pi. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Sampling Total. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan rangkaian tes kesegaran jasmani. Dengan urutan rangkaian tes lari 40 meter, baring duduk 30 detik, gantung siku tekuk, loncat tegak, dan lari 600 meter. Berdasarkan hasil analisis data, deskripsi, pengujian hasil penelitian, dan pembahasan dapat diambil kesimpulan, yaitu: Tingkat Kebugaran jasmani siswa putra dan putri Kelas IV dan V Sekolah Dasar Negeri 4  Begadung tahun ajaran 2023/2024 berada pada kategori “baik sekali” sebesar 0% (0 siswa), “baik” sebesar 0% (0 siswa), “sedang” sebesar 4% (2 siswa), ”kurang” 36% (16 siswa), ”kurang sekali” sebesar 60% (27 siswa). Berdasarkan data diatas tingkat Kebugaran jasmani siswa putra dan putri Kelas IV Dan V SDN 4  Begadung Tahun 2024 dalam kategori “Kurang Sekali”.

PDF

References

Aditya, R., & Nugroho, A. (2019 :7). Peningkatan Hasil Belajar Menggiring Bola Pada Permainan Sepakbola Melalui Pendekatan Bermain Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah STOK Bina Guna Medan, 7(2 SE-Articles). https://doi.org/10.55081/jsbg.v7i2.285

Allsabah, Muhammad Akbar Husein, Putra, R. P., & Sugito. (2023). Body mass index and physical fitness level of elementary school students. Edu Sportivo: Indonesian Journal of Physical Education, 4(3), 215–229. https://doi.org/https://doi.org/10.25299/esijope.2023.vol4(3).13775

Allsabah., M. Akbar Husein, & Harmono., S. (2022). Survey of Gross Motor Skills on Students of State Elementary School 2 Mojoroto, Kediri City. Competitor : Jurnal Pendidikan Kepelatihan Olahraga, 14(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26858/cjpko.v14i2.35508

Arifandy,A., Hariyanto, E., & Wahyudi, U. (2021). Survei tingkat kebugaran jasmani siswa SMP.Sport Science and Health, 3(5), 218-234.

Departemen Pendidikan Nasional. (2010). Tes Kebugaran Jasmani Indonesia. Jakarta

Ilyas, I., & Almunawar, A. (2020). Profil Kebugaran Jasmani Siswa Ekstrakurikuler Bola Voli. Jurnal Olahraga Dan Kesehatan Indonesia, 1(1), 37–45. https://doi.org/10.55081/joki.v1i1.297

Lubis, A. E., & Nugroho, A. (2020). First Aid Training Model for Physical Education Teachers. TEGAR: Journal of Teaching Physical Education in Elementary School, 4(2), 73–80.

Mahfud, I., Gumantan, A., & Nugroho, R. A. (2020). Pelatihan Pembinaan Kebugaran Jasmani Peserta Ekstrakurikuler Olahraga. Wahana Dedikasi : Jurnal PkM Ilmu Kependidikan,3(1), https://doi.org/10.31851/dedikasi.v3i1.5374

Masgumelar, N. K., & Mustafa, P. S. (2021). Pembelajaran Pendidikan Olahraga Berbasis Blended Learning untuk Sekolah Menengah Atas. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga), 6(1), 133– 144. https://doi.org/https://doi.org/10.36526/kejaora.v6i1.1222

Prayoga, G. E., & Susanto, I. H. (2020). Analisis Faktor Kebugaran Jasmani Atlet Floorball Unesa. Jurnal Kesehatan Olahraga, 8(1),1-8.

Putri, M. W., Nuari Panggraita, G., Agustryani, R., & Proboyekti, D. (2022). Tingkat Kebugaran Jasmani Atlet Dulongmas Kabupaten Pekalongan. Jendela Olahraga, 7(1), 100–108. https://doi.org/10.26877/jo.v7i1.10420

Safitri, E., Usra, M., & Yusfi, H. (2022). Peran Guru Penjaskes dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa terhadap Pembelajaran PJOK. Jendela Olahraga, 7(1), 27–34. https://doi.org/10.26877/jo.v7i1.8835

Shomoro, Degele dan Mondal. (2014: 56). Spectrum International Journal of Humanities Comparative Relationships of Selected Physical Fitness Variables among Different College. Vol : (1) , No.II ISSN 2321-6808.

Sugiyono, (2021). METODE PENELITIAN KUANTITATIF KUALITATIF dan R&D (M.Dr. Ir. Sutopo, S.Pd (ed); ke2 ed).

Sugiyono, 2020. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta

Wandi, S. (2013). Pembinaan Prestasi Ekstrakurikuler Olahraga Di Sma Karangturi Kota Semarang. Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreations, 2(8), 524– 535. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/active.v2i8.1792

Downloads

Download data is not yet available.