Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dari banyaknya siswa terutama siswa putra yang memiliki beragam kegiatan di sekolah misalnya sebelum melakukan kegiatan mereka mengaji, menyanyikan lagu indonesia raya, membaca asmaul husna dll, maka dari itu kemungkinan besar waktu memasuki pelajaran terutama olahraga waktunya lebih sedikit dan pembelajarannnya kurang memadai dan kondusif. Sehigga banyak siswa masih belum mengetahui pentingnya menjaga kebugaran jasmani. Maka dari itu peneliti ingin mengetahui tes tingkat kebugaran jasmani. Peneliti ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian adalah siswa kelas atas usia MI Raudlatut Tholabah Mojo Kediri. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas atas putra MI Raudlatut Tholabah Mojo Kediri yang berjumlah 60 siswa. Peneliti menggunakan teknik sempel total sampling. Dan penelitian ini menggunakan teknik analisis data deskriptif kuantitatif. Istrumen yang di gunakan adalah TKPN usia 10-12 tahun. Hasil penelitian ini menujukkan tingkat kebugaran jasmani siswa kelas atas putra MI Raudlatut Tholabah Mojo Kediri memiliki Indeks Massa Tubuh (IMT) menunjukkan frekuensi status gizi kurang dengan 5 siswa dengan persen 8,33%; kategori tertinggi adalah 35 siswa dengan persen 58,33%; kategori gizi lebih tinggi adalah 20 siswa dengan persen 33,33%; dan kategori obesitas adalah 0 dengan presentase 0,00%. siswa kelas Atas Putra Di MI Raudlatut Tholabah Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri masuk dalam kategori gizi baik dengan persen 58,33%. Sedangkan hasil menunjukkan bahwa empat item Tes Kebugaran Pelajar Nusantara (TKPN) memiliki nilai proporsi sebesar 1,9 dan termasuk dalam kategori nilai kurang. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, dapat memberikan masukkan kepada guru Pendidikan jasmani sebagai bahan pertimbangan dalam pemebelajaran untuk menilai kebugaran jasmani siswa.
References
Allsabah, Muhammad Akbar Husein, Putra, R. P., & Sugito. (2023). Body mass index and physical fitness level of elementary school students. Edu Sportivo: Indonesian Journal of Physical Education, 4(3), 215–229. https://doi.org/https://doi.org/10.25299/esijope.2023.vol4(3).13775
Engkos, K. (1985). Olahraga Teknik dan Program Latihan. Akademika Presindo.
KEMENPORA. (2022). Pedoman Pelaksanaan Tes Kebugaran Pelajar Nusantara. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 1–34.
Mayasari, M. (2021). Laporan dan Evaluasi Penelitian. ALACRITY : Journal of Education, 1(2), 30–38.
Pranata, D., & Kumaat, N. (2022). Pengaruh Olahraga Dan Model Latihan Fisik Terhadap Kebugaran Jasmani Remaja: Literature Review. Jurnal Universitas Negeri Surabaya, 10(02), 107–116.
Sugiono. (2018). metode penelitian kuantitatif. ALFABETA.