TINGKAT KEBUGARAN JASMANI SISWA SDN 03 BENDOSARI KABUPATEN TULUNGAGUNG PADA MASA PANDEMI COVID 19
PDF

Keywords

Tingkat Kebugaran Jasmani
Masa Pandemi Covid 19

How to Cite

Lestarining Tyas, A. (2022). TINGKAT KEBUGARAN JASMANI SISWA SDN 03 BENDOSARI KABUPATEN TULUNGAGUNG PADA MASA PANDEMI COVID 19. Prosiding Seminar Nasional Kesehatan, Sains Dan Pembelajaran, 1(1), 150 –. https://doi.org/10.29407/seinkesjar.v1i1.1228

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi bahwa kebugaran jasmani siswa SDN 03 Bendosari Kabupaten Tulungagung belum diketahui karena tidak pernah dilakukan tes kebugaran jasmani pada masa pandemi covid-19 saat ini. Guru pendidikan dan jasmani hanya memberikan materi terhadap siswa sehingga masih banyak siswa yang hampir tidak pernah melakukan olahraga di rumah saat pandemic, ketika guru meminta siswa untuk mempraktikkan gerakan olahraga, siswa hanya melakukan sebagai dokumentasi. Permasalahan penelitian ini adalah tujuan untuk mengetahui tingkat kebugaran siswa kelas V di SDN 03 Bendosari Kabupaten Tulungagung dalam masa pandemi covid-19. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode penelitian menggunakan survey. Populasi dan sampel dalam penelitian ini yaitu siswa SDN kelas V yang berada di SDN 03 Bendosari Kabupaten Tulungagung sebanyak 19 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah tes dan pengukuran. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik statistik deskriptif.

Kesimpulan hasil penelitian ini adalah: 1) Tingkat kebugaran jasmani siswa putra kelas V di SDN 03 Bendoari kabupaten Tulungagung dalam masa pandemic covid 19 mayoritas dalam kategori sedang sebanyak 6 anak dan sebanyak 5 anak kategori kurang. 2) Tingkat kebugaran jasmani siswa putri kelas V di SDN 03 Bendoari kabupaten Tulungagung dalam masa pandemic covid 19 mayoritas dalam kategori kurang sebanyak 5 anak dan sebanyak 3 orang kategori sedang. Berdasarkan kesimpulan hasil penelitian ini, diharapkan bagi siswa untuk meningkatkan kesegaran jasmani yang masih kurang guna menunjang prestasinya.

https://doi.org/10.29407/seinkesjar.v1i1.1228
PDF
Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2021 Ayu Lestarining Tyas

Downloads

Download data is not yet available.