Pengaruh Permainan Tradisional Terhadap Peningkatan Kebugaran Jasmani Siswa Sekolah Dasar Negeri Sidorejo, Kabupaten Tuban Tahun Pelajaran 2023/2024
PDF

Keywords

Permainan Tradisional
Kebugaran Jasmani
Siswa

How to Cite

Setiawan, S., Sugito, S., Prasetya Kurniawan, W., & Putra, R. P. (2024). Pengaruh Permainan Tradisional Terhadap Peningkatan Kebugaran Jasmani Siswa Sekolah Dasar Negeri Sidorejo, Kabupaten Tuban Tahun Pelajaran 2023/2024. Prosiding Seminar Nasional Kesehatan, Sains Dan Pembelajaran, 4(1), 646–655. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/seinkesjar/article/view/5616

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat peningkatan kesegaran jasmani melalui permainan tradisional siswa sekolah dasar Negeri Sidorejo I, kabupaten Tuban. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi exsperimental). Subyek dari penelitian ini adalah siswa sekolah dasar Negeri Sidorejo I, kabupaten Tuban dengan jumlah 45 siswa. Pengambilan data menggunakan tes, dengan instrument berupa TKJI untuk usia 10-12 tahun. Teknik analisis data menggunakan analisis uji-t, melalui uji prasyarat normalitas dan homogenitas. Hasil uji normalitas kelompok pre-test dan post-test sebesar 0,783, dan 0,756. Karena harga Signifikan lebih besar dari 0,05 (Sig > 0,05), maka hipotesis yang menyatakan sampel berasal dari populasi berdistribusi normal diterima. Hasil uji homogenitas diketahui nilai Levene Statistik sebesar 0,000, sedangkan nilai signifikansi lebih besar dari 0,05 yaitu sebesar 0,873. Karena harga Sig > 0,05 maka hipotesis yang menyatakan bahwa data diperoleh dari populasi yang homogen diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa data dalam penelitian ini bersasal dari populasi yang homogen. Hasil uji-t diperoleh nilai thitung sebesar sebesar – 2,731 dan nilai ttabel pada dk (0,05) sebesar 1,680. Oleh karena nilai thitung lebih besar dari ttabel (-2,731> 1,680) maka dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kebugaran jasmani melalui permainan tradisional siswa sekolah dasar Negeri Sidorejo I, kabupaten Tuban. Permainan tradisional meningkat sebesar 2,47 atau sebesar 5% dari saat pre-test. Dalam hal ini dapat dikatakan peningkatan yang diberikan pembelajaran dengan permainan tradisional terhadap tingkat kebugaran jasmani siswa sekolah dasar Negeri Sidorejo I, kabupaten Tuban sebesar 7%.

PDF

References

Ahmad Sahila, R., Agung Pratama, B., & Sugito, S. (2024). Tingkat Keterampilan Dasar Sepak Takraw Pada Siswa Ekstrakurikuler SMP. Jurnal Pendidikan Olahraga, 14(3), 157–168. https://doi.org/10.37630/jpo.v14i3.1672

Allsabah, M. A. H., Putra, R. P., & Sugito. (2023). Body mass index and physical fitness level of elementary school students. Edu Sportivo: Indonesian Journal of Physical Education, 4(3), 215–229. https://doi.org/https://doi.org/10.25299/esijope.2023.vol4(3).13775

Allsabah, M. A. H., Sugito., & Kurniawan, B. T. (2022). Level of physical activity , body mass index ( BMI ), and sleep patterns among school students. Journal Sport Area, 7(1), 134–147. https://doi.org/https://doi.org/10.25299/sportarea.2022.vol7(1).8188

Arifin, M. Z. (2017). Pengaruh Modifikasi Permainan Lempar Tangkap Bola Terhadap Koordinasi Gerak Manipulatif Anak Tunagrahita. Jurnal Kesehatan Olahraga, 7(3), 35–39.

Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Darmawan, I. (2017). Upaya MENINGKATKAN KEBUGARAN JASMANI SISWA MELALUI PENJAS. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 7(2).

Kiranida, O. (2019). Memaksimalkan Perkembangan Motorik Siswa Sekolah Dasar Melalui Pelajaran Penjaskes. Jurnal Tunas Bangsa, 6(2), 318–328.

Kurniawan, W. P., & Firdaus, M. (2020). Pendekatan bermain sebagai solusi mengenalkan teknik dasar sepak takraw. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 6(1). https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v6i1.13652

Pramudita, S. (2019). TINGKAT KEBUGARAN JASMANI SISWA DI SD NEGERI 1 DAN SD NEGERI 5 KLAMPOK KECAMATAN PURWAREJA KLAMPOK KABUPATEN BANJARNEGARA. Universitas Negeri Semarang.

Riyanto, P. (2020). Kontribusi aktifitas fisik, kebugaran jasmani terhadap hasil belajar pendidikan jasmani. JPOE, 2(1). https://doi.org/10.37742/jpoe.v2i1.31

Samsudin. (2008). Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahrga dan Kesehatan. Prenada Media Group.

Sobarna, A., Hambali, S., & Koswara, L. (2020). Hubungan Tingkat Kebugaran Jasmani Dan Persepsi Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Jurnal Master Penjas & Olahraga, 1(1). https://doi.org/10.37742/jmpo.v1i1.2

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Downloads

Download data is not yet available.