Abstract
Anak-anak usia sekolah dasar mengalami kurangnya aktivitas fisik dan proses pembelajaran yang disampaikan oleh guru di kelas cenderung monoton. Akibatnya, banyak siswa yang terlihat kurang bersemangat, mudah lelah, dan kurang aktif bergerak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kebugaran jasmani anak melalui permainan tradisional bentengan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode desain Pra-eksperimental. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SDN Craken 1 yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Sampling Jenuh. Pengumpulan data dilakukan menggunakan instrumen tes TKSI yang meliputi tes lari 40 meter, tes gantung siku tekuk, tes baring duduk 30 detik, dan tes loncat tegak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum bermain bentengan, sebanyak 11 siswa (55%) berada dalam kategori kurang sekali, 2 siswa (10%) dalam kategori sedang, dan 7 siswa (35%) dalam kategori kurang. Setelah bermain bentengan, terdapat perubahan di mana 12 siswa (60%) berada dalam kategori sedang, 4 siswa (20%) dalam kategori baik, dan 4 siswa (20%) dalam kategori kurang. Hasil uji statistik menunjukkan nilai signifikansi 0,000 yang lebih kecil dari 0,05, menunjukkan bahwa terdapat pengaruh permainan bentengan terhadap kebugaran jasmani siswa.Diharapkan sekolah dapat lebih banyak memberikan inovasi pembelajaran melalui permainan yang bermanfaat bagi perkembangan siswa dan meningkatkan kebugaran jasmani mereka. Dengan demikian, siswa akan lebih antusias dalam mengikuti pembelajaran, terutama dalam olahraga, sehingga kebugaran jasmani mereka tetap terjaga.
References
Allsabah, Muhammad Akbar Husein, Sugito., & Kurniawan, B. T. (2022). Level of physical activity , body mass index ( BMI ), and sleep patterns among school students. Journal Sport Area, 7(1), 134–147. https://doi.org/https://doi.org/10.25299/sportarea.2022.vol7(1).8188
Kurniawan, A. W. 2019. Olahraga dan Permainan Tradisional. Malang: Wineka Media
Mustafa, P. S. (2022). Peran Pendidikan Jasmani untuk Mewujudkan Tujuan Pendidikan Nasional. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(9), 68–80. https://doi.org/10.5281/zenodo.6629984
Syafruddin. 2011. Ilmu Kepelatihan Olahraga, Padang: UNP PRESS
Widarini, Y., Heynoek, F. P., & Amiq, F. (2018). Pemetaan Waktu Aktif Belajar Pada Pembelajaran Bolabasket Di Smpn 11 Malang. Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia, 2(2), 120. https://doi.org/10.17977/um040v2i2p120-127
Widiastuti, 2015. Tes dan Pengukuran Olahraga. Jakarta: PT RajaGrafindoPersada