Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Upaya Peningkatan Gerak Motorik Lari dengan Menggunakan Permainan Lompat Tali Kelas 4-6 Usia 9-12 Tahun di SDN 02 Batokan Tulungagung. Teknik penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik penelitian pre-eksperimental desain one group pretest-posttest desaign. Populasi dalam penelitian berjumlah sebanyak 49 siswa kelas tinggi IV, V dan VI di SDN 02 Batokan Tulungagung. Sampel dalam penelitian adalah semua siswa dari total populasi yang ada sebanyak 49 siswa. Teknik pengambilan sampel yang menggunakan total sampling. Instrumen penelitian menggunakan tes. Teknik analisis data menggunakan uji wilxocon. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan gerak motorik lari dengan menggunakan permainan lompat tali kelas 4-6 usia 9-12 tahun di SDN 02 Batokan Tulungagung. Hal ini dapat dilihat dari hasil yang diperoleh bahwa peningkatan dari hasil motorik lari dengan menggunakan permainan lompat tali pada siswa dari sebelum diberikan perlakuan pada kategori cukup baik meningkatkan pada kategori baik. Disarankan bagi guru dapat memilih strategi dan media yang tepat untuk diterapkan di kelas dan disesuaikan dengan materi dari setiap indikator pembelajaran. Melalui kegiatan permainan lompat tali sangat membantu dan menarik minat anak pada proses pembelajaran sehingga pembelajaran menjadi lebih efektif dan menyenangkan serta anak tidak cepat merasa bosan.
References
Alaska, Agung & Hakim, Aziz Abdul. 2021. Analisis Olahraga Tradisional Lompat Tali Dan Engklek Sebagai Peningkat Kebugaran Tubuh Di Era New Normal (Studi Literatur). Jurnal Kesehatan Olahraga. Vol. 09. No. 03, September 2021, Hal 141 – 150.
Allsabah., M. Akbar Husein, & Harmono., S. (2022). Survey of Gross Motor Skills on Students of State Elementary School 2 Mojoroto, Kediri City. Competitor : Jurnal Pendidikan Kepelatihan Olahraga, 14(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26858/cjpko.v14i2.35508
Ariyanto, Triansyah, Andika & Gustian, Uray. 2020. Penggunaan Permainan Tradisional Untuk Meningkatkan Keterampilan Gerak Fundamental Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia. Vol 16 (1), 2020, 78-91.
Hurlock, Elizabet. 2015. Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Rentang Hidup. Jakarta: Erlangga.
Hasanah Uswatun. 2016. Pengembangan Kemampuan Fisik Motorik Melalui Permainan Tradisional Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak. Vol 5. Edisi 1. Hal 717-733
Hasanah, Uswatun. 2016. Pengembangan Kemampuan Fisik Motorik Melalui permainan Tradisional Bagi Anak Usia Dini, Jurnal Pendidikan Anak. Vol. 5, No. 1,. Hlm, 727.
Hurlock. E. B. 2015. Psikologi Perkembangan. Alih Bahasa: Istidayanti Dan Soedjarwo Edisi Kelima. Jakarta. Erlangga.
Kasyanto, & Hakim, A. A. 2019. Survei Perkembangan Olahaga Tradisional di Kabupatn Tuban. Jurnal Kesehatan Olahraga , 6.
Muhibbin, Syah. 2017. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya.
Saputra, Yudha M. & Rudyanto. 2015. Pembelajaran Kooperatif Untuk Meningkatkan Keterampilan Anak. Jakarta : Depdiknas.
Sujiono, N. Y, 2019. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta Barat: PT Indeks Permata Puri Media.