Upaya Meningkatkan Kemampuan Lompat Jauh Gaya Jongkok Melalui Metode Permainan Lompat Tali Pada Siswa Kelas V SDN Butuh 2 Kecamatan Kras
PDF

Keywords

lompat jauh
lompat tali
kemampuan

How to Cite

Putra, R. C., Junaidi, S., & Lusianti, S. (2024). Upaya Meningkatkan Kemampuan Lompat Jauh Gaya Jongkok Melalui Metode Permainan Lompat Tali Pada Siswa Kelas V SDN Butuh 2 Kecamatan Kras. Prosiding Seminar Nasional Kesehatan, Sains Dan Pembelajaran, 4(1), 1182–1188. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/seinkesjar/article/view/5677

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa kemampuan siswa dalam menguasai teknik olahraga lompat jauh pada siswa kelas V SDN Butuh 2 masih belum maksimal, siswa kurang menyukai olahraga itu, hal tersebut terlihat dari teknik lompat jauh yang dilakukan siswa masih banyak yang salah. Penelitian ini dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan kemampuan lompat jauh gaya jongkok siswa melalui metode permainan lompat tali. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Butuh 2 tahun pelajaran 2023/2024 yang berjumlah 16 siswa terdiri dari  8 siswa putra dan 8 siswa putri. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif . Prosedur penelitian in meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, dieroleh simpulan bahwa melalui merode permainan lompat tali dapat meningkatkan kemampuan lompat jauh gaya jongkok pada siswa kelas V SD Negeri Butuh 2 tahun pelajaran 2023/2024. Dari hasil analisis kemampuan lompat jauh gaya jongkok yang diperoleh terdapat peningkatan dan persentase ketuntasan kemampuan siswa, dari kondisi awal siklus I hingga siklus II.  Kemampuan rata-rata lompat jauh gaya jongkok pada siklus I (75.31%.)  dan siklus II (79.06%). Sedangkan presentase ketuntasan siklus I (50%) dan siklus 2 (88%).

PDF

References

Agus Ismail. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Lompat Jauh Melalui Permainan Tradisional Siswa Kelas Xii Ipa 3 Sma Negeri 13 Makassar. Exercise : Journal of Physical Education and Sport, 1(2), 86–95. http://ojs.universitasmegarezky.ac.id/index.php/Exercise

Alit, I. G. A. N. (2019). Model Pembelajaran Direct Instruction Dengan Metode Demonstrasi Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Siswa Kelas Iii Semester I Tahun Pelajaran 2018/ 2019 Sd Negeri 22 Dauh Puri. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 73. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.932

Allsabah., M. Akbar Husein, & Harmono., S. (2022). Survey of Gross Motor Skills on Students of State Elementary School 2 Mojoroto, Kediri City. Competitor : Jurnal Pendidikan Kepelatihan Olahraga, 14(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26858/cjpko.v14i2.35508

Febrianti, R. (2013). Pengembangan materi atletik melalui permainan atletik. Semarang, Universitas Negeri Semarang, 2(1).

Rozi, F. (2022). Penguatan Dasar Pendidikan Jasmani dan Teknologi Pendidikan pada Kelompok Kerja Guru Pendidikan Jasmani. PUNDIMAS: Publikasi Kegiatan Abdimas, 1(1), 7–11. https://doi.org/10.37010/pnd.v1i1.552

Saitya, I. (2022). Pentingnya Perencanaan Pembelajaran pada Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Pendidikan Olahraga, 1(1), 12.

Warsiyanti, Y. (2019). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Lompat Jauh Melalui Pendekatan Bermain Lompat Tali pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia): Jurnal Ilmiah Pendidikan, 5(1), 179–187. https://doi.org/10.20961/jpiuns.v5i1.33838

Downloads

Download data is not yet available.