Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar lompat jauh siswa dengan menggunakan metode demonstrasi. Metode ini dipilih karena metode demonstrasi merupakan metode yang dalam pelajarannya dengan cara memperagakan suatu kegiatan baik itu oleh siswa maupun guru untuk memberi pemahaman yeng lebih jelas kepada siswa. Dalam metode ini, setiap siswa berperan untuk memahami dan mempraktikkan apa yang dijelaskan atau di praktikkan oleh guru yang berupa teknik dasar dalam lompat jauh. Keberhasilan metode demonstrasi dalam pembelajaran ini tentunya dipengaruhi oleh banyak faktor, baik dari guru maupun dari siswa itu sendiri. Namun penelitian ini setidaknya memberi gambaran bagaimana seorang guru penjas orkes berusaha untuk meningkatkan hasil belajar lompat jauh pada siswa Kelas IV MI Baitul Muttaqin Kecamatan Wares melalui penerapan metode demonstrasi.
Hasil penelitian ini dibuktikan dengan meningkatnya kemampuan siswa dalam melakukan lompat jauh mulai siklus pertama sampai siklus yang terakhir, yaitu Pada siklus I siswa yang sudah baik dalam melakukan teknik dasar lompat jauh sebanyak 16 siswa (57 %) dan pada siklus II meningkat menjadi 22 anak (79 %). Hal ini dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan metode demonstrasi dengan baik dapat meningkatkan kemampuan teknik dasar lompat jauh mulai siklus I sampai siklus II.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright (c) 2021 Farhan Aziz Abdullah, M. Anis Zawawi, Moh. Nurkholis