UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA SISWA BAITUL MUTTAQIN WATES 2020
PDF

Keywords

Hasil belajar
Lompat jauh
Demonstrasi

How to Cite

Aziz Abdullah, F., Zawawi, M. A., & Nurkholis, M. (2022). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA SISWA BAITUL MUTTAQIN WATES 2020. Prosiding Seminar Nasional Kesehatan, Sains Dan Pembelajaran, 1(1), 285 –. https://doi.org/10.29407/seinkesjar.v1i1.1244

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar lompat jauh siswa dengan menggunakan metode demonstrasi. Metode  ini dipilih karena metode demonstrasi merupakan metode yang  dalam  pelajarannya  dengan  cara  memperagakan suatu kegiatan baik  itu  oleh  siswa maupun guru untuk memberi pemahaman yeng lebih jelas kepada siswa. Dalam metode ini, setiap siswa berperan untuk memahami dan mempraktikkan apa yang dijelaskan atau di praktikkan oleh guru yang berupa teknik dasar dalam lompat jauh. Keberhasilan metode demonstrasi dalam  pembelajaran ini tentunya dipengaruhi oleh banyak faktor, baik dari guru maupun dari siswa itu sendiri. Namun penelitian ini setidaknya memberi gambaran bagaimana seorang guru penjas orkes berusaha untuk meningkatkan hasil belajar lompat jauh pada  siswa Kelas IV MI Baitul Muttaqin Kecamatan Wares melalui penerapan metode demonstrasi.

Hasil penelitian ini dibuktikan dengan meningkatnya kemampuan siswa dalam melakukan lompat jauh  mulai siklus pertama sampai siklus yang terakhir, yaitu Pada siklus I siswa yang sudah baik dalam melakukan teknik dasar lompat jauh  sebanyak 16 siswa (57 %) dan pada siklus II meningkat menjadi 22 anak (79 %). Hal ini dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan metode demonstrasi dengan baik dapat meningkatkan kemampuan teknik dasar lompat jauh  mulai siklus I sampai siklus II.

https://doi.org/10.29407/seinkesjar.v1i1.1244
PDF
Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2021 Farhan Aziz Abdullah, M. Anis Zawawi, Moh. Nurkholis

Downloads

Download data is not yet available.