SURVEY ANALISIS GERAK DASAR (FUNDAMENTAL MOTORIK) OLAHRAGA SEPAK TAKRAW PADA SISWA SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN TEMAYANG KABUPATEN BOJONEGORO TAHUN 2020
PDF

Keywords

Gerak dasar (fundamental motorik)
Olahraga Sepak Takraw
Gerak lokomotor
Gerak non lokomotor
Gerak manipulative

How to Cite

Julia Rahmawati, F., Nurkholis, M., & Zawawi, M. A. (2022). SURVEY ANALISIS GERAK DASAR (FUNDAMENTAL MOTORIK) OLAHRAGA SEPAK TAKRAW PADA SISWA SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN TEMAYANG KABUPATEN BOJONEGORO TAHUN 2020. Prosiding Seminar Nasional Kesehatan, Sains Dan Pembelajaran, 1(1), 302 –. https://doi.org/10.29407/seinkesjar.v1i1.1246

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil pengamatan diperoleh informasi bahwa kemampuan motorik siswa SD pada olahraga Sepak Takraw yaitu belum adanya peneliti tentang analisa motorik Sepak Takraw. Hal tersebut dikarenakan sekolah masih belum mempunyai sarana yang lengkap, dan tenaga guru juga masih belum menerapkan olahraga Sepak Takraw ini dalam pembelajaran. Harusnya siswa dapat melakukannya dengan menggunakan teknik dasar dalam olahraga Sepak Takraw ini agar kemampuan fisik, teknik dan taktik bermain  Sepak Takraw ini sudah mulai terbiasa dilakukan di SD. Perlu program latihan yang baik untuk meningkatkan kemampuan tersebut. Setiap teknik juga harus dianalisis bagaimana melakukan gerak yang singkat dan tepat sasaran. Permasalah dalam penelitian ini adalah analisa bagaimana kemampuan gerak dasar siswa SD dalam olahraga Sepak Takraw? Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sabjek penelitian ini adalah siswa SD Negeri Kedung Sumber 1, SD Negeri Gondang 3 , dan SD Negeri Papringan 3 , karena dapat melakukan olahraga Sepak Takraw. Teknik analisis data yang digunakan adalah trianggulasi data.

Kesimpulan hasil penelitian ini adalah : kemampuan gerak dasar siswa SD dalam olahraga Sepak Takraw, nilai kesesuaian gerak lokomotor masuk dalam kategori kurang (51.04%), nilai kesesuaian gerak non lokomotor masuk dalam kategori cukup (72.92%) dan nilai kesesuaian gerak manipulatif masuk dalam kategori kurang (55.21%). Dari tiga kelompok gerak dasar tersebut didapat nilai kesesuaian gerak fundamental motorik siswa masuk dalam kategori cukup (59,72%). Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan kepada guru olahraga untuk mengenalkan olahraga kwanjang kepada siswa sebagai bentuk modivikasi permainan sepaktakraw

https://doi.org/10.29407/seinkesjar.v1i1.1246
PDF
Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2021 Ferdian Julia Rahmawati, Moh. Nurkholis, M. Anis Zawawi

Downloads

Download data is not yet available.