Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Bola Lempar Serang untuk Pengenalan Olahraga Bola Tangan pada Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Kauman Kabupaten Tulungagung
PDF

Keywords

Pengembangan Media Bolatangan
media pembelajaran
permainan bola lempar serang

How to Cite

Yuda, P. . (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Bola Lempar Serang untuk Pengenalan Olahraga Bola Tangan pada Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Kauman Kabupaten Tulungagung. Prosiding Seminar Nasional Kesehatan, Sains Dan Pembelajaran, 3(1), 650–653. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/seinkesjar/article/view/4589

Abstract

Pada sekolah dasar negeri di kecamatan Kauman kabupaten Tulungagung olahraga bola tangan belum begitu dikenal oleh siswa sekolah dasar karena belum ada media pendukung untuk materi pembelajaran tersebut, oleh karena itu peneliti memberikan solusi yaitu diciptakanlah media permainan bola lempar serang yang bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran permainan bola lempar serang untuk pengenalan olahraga bola tangan pada sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode R&D (Resect and devolobment). Dalam penelitian ini menggunakan instrumen skala likert dengan 4 penilaian. Angket tersebut diberikan kepada beberapa ahli, ahli materi, dan ahli media, ahli praktisi, siswa. Hasil dari penelitian ini berupa “Pengembangan alat media pembelajaran bola lempar serang” ini dapat dikaregorikan layak dan dapat digunakan sebagai alat bantu dalam proses prmbelajaran pendidikan jamani olahraga dan kesehatan pada sekolah dasar dengan dilihat dari penilaian oleh beberapa ahli diantaranya ahli media 79%, ahli materi 85%, dan ahli praktisi 80%, serta berdasarkan ujicoba sekala kecil 78% dan pada ujicoba sekala besar memperoleh nilai 80% dapat dinyatakan baik atau layak untuk dijadikan media pembelajaran pada sekolah dasar.

PDF

References

Abdurrochim, M. (2016). Pengembangan model permainan bolatangan untuk anak usia sekolah dasar kelas atas. Jurnal Keolahragaan, 4(1), 60. https://doi.org/10.21831/jk.v4i1.8136

Ansori, I., Prayogo, E. A., Junaedi, A., Pendidikan, F. I., Semarang, U. N., & Education, J. (2022). Meningkatkan Keakurasian Melempar Bola Siswa. 10(2), 278–283.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2018). Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. JDIH Kemendikbud, 2025, 1–527.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif kualitatif, dan R&D (1 s.d. 28). ALFABETA, cv.

Wicaksono, A. T. (2014a). Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreations - PDF Download Gratis. Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreations, 3(1), 23–27.

Wicaksono, A. T. (2014b). MODEL PERMAINAN BOLA TANGAN GAWANG HIDUP MELALUI PENDEKATAN LINGKUNGAN SD NEGERI 2 NGESREPBALONG TAHUN 2012. Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreations, 3(1), 23–27.

Downloads

Download data is not yet available.