Abstract
Permainan Bolavoli merupakan salah satu cabang olahraga populer dan telah berkembang di tanah air. Hal ini terbukti dengan banyaknya kegiatan olahraga Bolavoli yang dilakukan oleh masyarakat di kota maupun di pedesaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Minat Siswa Kelas Tinggi Dalam Mengikuti Pembelajaran Praktik Olahraga Bolavoli di SDN Wonorejo 1. Penelitian ini menggunakan penelitian metode desktiptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif yakni mendeskripsikan mengenai minat siswa kelas tinggi dalam mengikuti praktik olahraga Bolavoli di SDN Wonorejo 1. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dimana teknik pengumpulan datanya menggunakan intrumen yang berupa angket. Berdasarkan hasil penelitian data siswa kelas tinggi dalam pembelajaran praktik olahraga Bolavoli di SDN Wonorejo 1, untuk jawaban jumlah siswa 12 dengan persentase 15%, untuk jawaban tinggi 66 siswa dengan persentase 85%. Kesimpulan Penelitian ini yaitu minat siswa kelas tinggi dalam mengikuti praktik olahraga Bolavolidi SDN Wonorejo 1 termasuk dalam kategori tinggi.
References
Adhawiyah, S. 2020. (2020). Faktor Fisik Penentu Servis Atas Bolavoli Klub Bolavoli. SPRINTER : Jurnal Ilmu Olahraga, 1(1), 33–37.
Dewi, R. P., & Sepriadi, S. (2021). Minat Siswa SMP Terhadap Pembelajaran PJOK Secara Daring Pada Masa New Normal. Physical Activity Journal (PAJU), 2(2), 205–215.
Hayaturrahmi, H., Indrayana, B., & Junresti Daya, W. (2020). Minat Siswa Terhadap Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SMP Negeri 30 Muaro Jambi. MINAT SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN DI SMP NEGERI 30 MUARO JAMBI.
Karimah, L., Sirodjudin, M. K., & Rohmalina, R. (2020). PENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN MERONCE DENGAN LIMBAH KERTAS KORAN DI TK PGRI CIKETUG. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 3(4), 329–334.
M. Yunus. (2012). Pengertian permainan bola voli”.
Nasta, T., Nurkholis, M., & Allsabah, M. A. H. (2021). Pengaruh Permainan Tradisional Gobag Sodor Terhadap Minat Belajar Siswa se-Kecamatan Lengkong Tahun Pelajaran 2020 / 2021. Indonesian Journal of Kinanthropology (IJOK), 1(1), 29–35.
Prawita. (2018). Pengertian Praktik atau Tindakan“.
SUBINI, N. . dkk. (n.d.). Psikologi pembelajaran. Mentari pustaka.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian & Pengembangan: Reaserch & Development. Alfabeta. https://books.google.co.id/books?id=G3DZzwEACAAJ
Sukmana, A. A., & Allsabah, M. A. H. (2018). FENOMENA KOMPETISI ANTAR KAMPUNG (TARKAM) SEPAKTAKRAW DI KABUPATEN BLITAR. JOURNAL SPORT AREA. https://doi.org/10.25299/sportarea.2018.vol3(2).2291