Upaya Meningkatkan Pembelajaran Passing Bawah Bola Voli Melalui Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Siswa Kelas VI Di SD Plus Sunan Ampel Kota Kediri Tahun Pelajaran 2023/2024
PDF

Keywords

Hasil belajar
passing bawah bola voli
pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw

How to Cite

Puteri Damayanti, A. S., Prasetya Kurniawan, W., & Putra, R. P. (2024). Upaya Meningkatkan Pembelajaran Passing Bawah Bola Voli Melalui Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Siswa Kelas VI Di SD Plus Sunan Ampel Kota Kediri Tahun Pelajaran 2023/2024. Prosiding Seminar Nasional Kesehatan, Sains Dan Pembelajaran, 4(1), 1189–1194. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/seinkesjar/article/view/5678

Abstract

Dalam pembelajaran ditemukan bahwa siswa masih kurang dalam melakukan praktek materi passing bawah sehingga dilakukan upaya meningkatkan hasil pembelajaran tersebut dengan merubah RPP dari RPP awal yang di terapkan menjadi RPP yang diubah dengan menggunakan metode kooperatif tipe Jigsaw. Penelitian ini di latar belakangi hasil observasi awal dan evaluasi yang dilakukan pada siswa kelas VI SD Plus Sunan Ampel dengan materi bola voli passing bawah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil pembelajaran teknik passing bawah bola voli pada siswa kelas VI SD Plus Sunan Ampel Kota Kediri. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas atau yang disebut dengan (PTK). Melalui PTK ini dilaksanakan upaya perubahan metode pembelajaran materi passing bawah bola voli dengan menerapkan metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada materi passing bawah bola voli. Dalam penelitian ini peneliti juga berkolaborasi dengan guru untuk merencanakan tindakan pembelajaran yang berlangsung selama 2 siklus. Berdasarkan hasil observasi dan tindakan dan pembahasan maka disimpulkan bahwa pembelajaran teknik passing bawah menggunakan metode pembelajaran tipe jigsaw pada siswa kelas VI SD Plus Sunan Ampel Kota Kediri selama 2 siklus dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Hal ini dapat  disimpulkan dan di buktikan hasil pengamatan belajar siswa dari 30 siswa pada kondisi awal jumlah siswa yang mencapai nilai KKM 80 hanya 3 siswa dan Pada siklus 1 meningkat menjadi 12 siswa 44%, dan pada siklus 2 bertambah menjadi 24 siswa 86%. Sehingga dapat di simpulkan bahwa ada peningkatan upaya pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw yang sudah di terapkan.

PDF

References

Abarsyi, R, dkk. (2018). Model Latihan Passing Bawah Bola Voli Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. Journal Sport area , (online), tersedia : http://doi.org/10.2 5299/sportarea.2018 .vol3(2).2135.

Djuwaini, A dan Pardjiono. (2014). Penerapan Penggunaan Media Belajar Bola Plastik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Passing Bawah Bolavoli. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Volume 02 Nomor 02 Tahun 2014,319-326

Hidayat, M .T.(2015). Peningkatan kemampuan passs bawah dalam permainan bola voli melalui latihan pass bawah duduk berdiri pada bangku dan pas bawah dengan berjalan pada siswa kelas VI SDN Tanggul Wetan 01 Jember. Pancaran, vol. 4, NO. 1 hal 153-164, Februari 2015

Jauhar, Muhammad. (2011). Implementasi Paikem titik Jakarta: prestasi Pustaka Raya

Junaeidi, A dan Wisnu, H.(2015). Survei tingkat kemajuan pendidikan jasmani titik olahraga, dan kesehatan di SMA SMK dan MA Negeri se-kabupaten Gresik, jurnal pendidikan olahraga dan kesehatan volume 03 nomor 03 tahun 2015, 834-842

Rivai, A. (2017). Meningkatkan hasil belajar passing bawah bola voli dengan pendekatan media pembelajaran bola modifikasi. Motion, Volume VIII Nomor 1, Maret 2017

Samsudi .(2016). Upaya meningkatkan hasil belajar passing bawah bola voli melalui permainan bola gantung pada siswa kelas 5 SDN dumoyo iv Kecamatan salam Kabupaten Magelang tahun 2015/2016. Skripsi pendidikan jasmani kesehatan dan rekreasi Fakultas Ilmu keolahragaan Universitas Negeri Semarang

Slameto. (2003). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: rineka Cipta

Downloads

Download data is not yet available.