Abstract
Peneltian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan peneliti bahwa kegiatan ekstrakulikuler bola voli masih menggunakan media seadanya. Akibatnya siswa kurang menguasai teknik-teknik permaina bola voli. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Apakah hasil belajar passing bawah bola voli dengan menggunakan media bola menggantung pada Siswa ekstrakulikuler SDN Blimbing 1? (2) Apakah hasil belajar passing bawah bola voli tanpa menggunakan media bola gantung pada siswa kelas ekstrakulikuler ? (3) Adakah perbedaan pengaruh penggunaan media bola gantung dan tanpa penggunaan media bola gantung terhadap hasil belajar passing bawah bola voli siswa ekstrakulikuler?. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dan teknik Eksperimen dengan jenis penelitian True Experimental Design, dengan sampel siswa ekstrakulikuler bola voli SDN Blimbing 1 Mojo. Penelitian ini menggunakan instrument penelitian berupa, lembar angket penilaian dan tes hasil praktek siswa untuk mengukur kemampuan siswa dalam teknik passing bawah bola voli. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa (1) penggunaan media bola gantung berpengaruh terhadap hasil belajar pasing bawah bola voli (2) hasil belajar pasing bawah bola voli tanpa penggunaan media bola gantung tidak berpengaruh terhadap hasil belajar pasing bawah bola voli siswa (3) ada perbedaan pengaruh penggunaan metode eksperimen didukung media konkret dibanding penggunaan media bola gantung terhadap hasil belajar passing bawah bola voli.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright (c) 2021 Digo Adi Kamal