Abstract
Latar Belakang: Dari observasi awal yang telah dilakukan didapat sumber permasalahan dalam pembelajaran bola voli teknik dasar servis pada siswa kelas IX yang masih belum mengetahui cara melakukan servis yang baik. Sehingga perlu menggunkaan model pembelajaran yang cocok untuk mengatasai masalah tersebut. Model pembelajaran yang digunakan untuk mengatasi masalah yang ada dapat menggunakan model pembelajaran jigsaw yang merupakan bagian dari model pembelajaran kooperatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelaran jigsaw terhadap servis bawah dalam pembelajaran bola voli di SMP Bintang Sembilan Kedokanbunder. Metode penelitian menggunakan penelitian eksperimen secara dengan desain one-shot case study. Sampel sebanyak 18 siswa kelas IX yang diambil dengan menggunakan sampling jenuh. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi gerak dasar servis bola voli. Teknik analisis data didalam penelitian ini dengan menggunakan one sample t-test. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan maka kesimpulan dalam penelitian ini bahwa terdapat pengaruh model pembelaran jigsaw terhadap servis bawah dalam pembelajaran bola voli di SMP Bintang Sembilan Kedokanbunder. Bagi peneliti selanjutnya yang berminat untuk mengangkat topik penelitian yang serupa agar mempertimbangkan faktor-faktor yang berhubungan dengan hasil penelitian yang telah dilaksanakan.
References
Arisetiyana, F. F., Kartiko, D. C., Indahwati, N., & Prakoso, B. B. (2020). Motivation And Student Learning Outcomes In Problem Based Learning. JP.JOK (Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan), 4(1), 1–10. https://doi.org/10.33503/jp.jok.v4i1.829
Ginanjar, A. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif dalam Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Indramayu: Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi STKIP Nahdlatul Ulama Indramayu.
Ginanjar, A. (2021). Statistika Terapan Dalam Pendidikan Jasmani & Olahraga: Aplikasi Microsoft Excel & SPSS. Yogyakarta: Deepublish.
Ginanjar, A. (2022). Implementasi Model-Model Pembelajaran Pendidikan Jasmani: Perkembangan Penelitian Di Indonesia (1st ed.). Indramayu: Program Studi Pendidikan Jasmani dan Olahraga STKIP Nahdlatul Ulama Indramayu.
Hamzah, I., Ginanjar, A., & Setiawan, A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Passing Bawah Bola Voli. Jurnal Kependidikan Jasmani Dan Olahraga, 3(1), 58–63.
Kesuma, I. N. A. A., Yoda, I. K., & Hidayat, S. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar PJOK Pada Siswa SMP. Jurnal Penjakora, 8(1), 62–70. https://doi.org/10.23887/penjakora.v8i1.31091
Kharisma, Y. (2019). Belajar, Bermain, dan Melatih Bolavoli. Indramayu: Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi STKIP Nahdlatul Ulama Indramayu.
Mulyadi, D. Y. N., & Pratiwi, E. (2020). Pembelajaran Bola Voli. Palembang: Bening Media Publisihing.
O’Leary, N., Wattison, N., Edwards, T., & Bryan, K. (2015). Closing the theory–practice gap: Physical education students’ use of jigsaw learning in a secondary school. European Physical Education Review, 21(2), 176–194. https://doi.org/10.1177/1356336X14555300