Abstract
Pembelajran futsal merupakan alternatif pembelajaran dalam pendidikan jasmani sebagai pengganti pembelajaran sepak bola. Hasil observasi yang telah dilakukan masih ada beberapa siswa yang belum mengusai teknik passing futsal. Oleh karena itu, perlu startegi pembelajaran dalam pendidikan jasmani salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran Personalized System for Instruction (PSI). Model pembelajaran PSI merupakan model pembelajaran yang dapat digunakan dalam pembelajaran pendidikan jasmani yang efektif dalam mengembangkan ranah psikomotor siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran PSI terhadap teknik passing pembelajaran futsal. Metode dalam Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan one-group prestest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini di kelas X SMK yang berjumlah 125 siswa yang diambil dengan menggunakan purposive sampling sebanyak 25 siswa. Instrumen penelitian dengan menggunakan tes passing-controlling. Teknik analisis data dengan menggunakan paired sample t-test. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran PSI terhadap teknik passing futsal. Model pembelajaran PSI sebisa mungkin digunakan dalam pembelajaran pendidikan jasmani terutama dalam peningkatan passing dalam futsal.
References
Agustan, B., & Hidayat, A. R. (2021). Play Teach Play: Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Passing Futsal. Physical Activity Journal, 2(2), 159. https://doi.org/10.20884/1.paju.2021.2.2.3875
Arifin, S. (2017). Peran Guru Pendidikan Jasmani Dalam Pembentukan Pendidikan Karakter Peserta Didik. Multilateral: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 16(1), 78–92. https://doi.org/10.20527/multilateral.v16i1.3666
Badan Standar, Kuriulum, D. A. P. K. R. (2022). Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) Fase A – Fase F untuk SD/MI/Program Paket A, SMP/MTs/Program Paket B, dan SMA/MA/SMK/MAK/Program Paket C. Jakarta: Kemendikbudristek.
Ginanjar, A. (2019a). Metode Penelitian Kuantitatif dalam Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Indramayu: Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi STKIP Nahdlatul Ulama Indramayu.
Ginanjar, A. (2019b). The Effects of Personalized System for Instruction Learning Model on Vocational School Students’ Motivation. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 4(1), 32–36. https://doi.org/10.17509/jpjo.v3i1.10461
Ginanjar, A. (2021). Statistika Terapan Dalam Pendidikan Jasmani & Olahraga: Aplikasi Microsoft Excel & SPSS. Yogyakarta: Deepublish.
Ginanjar, A. (2022). Implementasi Model-Model Pembelajaran Pendidikan Jasmani: Perkembangan Penelitian Di Indonesia (1st ed.). Indramayu: Program Studi Pendidikan Jasmani dan Olahraga STKIP Nahdlatul Ulama Indramayu.
Hulfian, L., & Subakti. (2022). Tingkat Validitas Dan Reliabilitas Instrument Tes Keterampilan Bermain Futsal. ACADEMIA: Jurnal Inovasi Riset Akademik, 2(1), 27–34. https://doi.org/10.51878/academia.v2i1.1077
Juditya, S. (2018). Pembelajaran Lay Up Melalui Model Pembelajaran PSI (Personalized System Intraction). Jurnal Kependidikan Jasmani Dan Olahraga, 2(1), 28–36.
Mulyono, M. A. (2014). Buku Pintar Panduan Futsal. Jakarta: Laskar Aksara.
Nosa, V. T. A., Sulaiman, I., Nurdin, F., & Praniata, A. R. (2019). Model Pembelajaran Shooting Futsal Untuk Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Olahraga, 8(1), 27–34. https://doi.org/10.31571/jpo.v8i1.1218
Ramadhan, R., Ma’mun, A., & Mahendra, A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Dan Motivasi Belajar Terhadap Keterampilan Bermain Bola Voli Dalam Pendidikan Jasmani. Edusentris, Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pengajaran, 5(1), 14–22. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/edusentris.v5i1.290
Saryono. (2006). Futsal Sebagai Salah Satu Permainan Alternatif Untuk Pembelajaran Sepakbola Dalam Pendidikan Jasmani. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 3(3), 47–58. https://doi.org/10.21831/jpji.v3i3.6249
Sobarna, A. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Personalized System For Instruction (PSI) Terhadap Kebugaran Jasmani. Jurnal Kepelatihan Olahraga, 8(1), 46–58. https://doi.org/10.17509/jko-upi.v8i1.16050
Telaumbanua, S. R., Budiman, M. F., Rahayu, E. T., & Suherman, A. (2023). Pengaruh Personalized System For Instruction Model Terhadap Kemampuan Teknik Dasar Passing Permainan Basket Siswa SMP. Innovative: Journal Of Social Science Research Volume, 3(3), 4444–4454. https://doi.org/10.31004/innovative.v3i3.2628