Abstract
Latar Belakang: Keterampilan dasar passing merupakan salah satu aspek penting untuk mencapai tujuan pembelajaran dalam permainan futsal, sehingga diperlukan suatu model pembelajaran yang efektif untuk menunjang keberhasilan dalam bermain futsal. Salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran Direct Instruction (DI). Model pembelajaran DI mengarah kepada tugas gerak yang mengarah kepada ranah psikomotor siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran DI terhadap passing pada permainan futsal siswa kelas lima dalam pembelajaran pendidikan jasmani. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan one-group pretest-posttest design dengan pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh yang berjumlah 20 siswa. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan tes passing rendah menuju sasaran. Teknik analisis data dengan menggunakan paired sampel t-test. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran DI terhadap passing pada permainan futsal siswa kelas 5 dalam pembelajaran pendidikan jasmani. Penelitian ini melengkapi hasil penelitian dengan menggunakan model pembelajaran DI, sehingga sebisa mungkin model pembelajaran DI digunakan dalam peningkatan keterampilan dasar passing futsal siswa kelas lima.
References
Alit, I. G. A. N. (2019). Model Pembelajaran Direct Instruction Dengan Metode Demonstrasi Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Siswa Kelas III Semester I Tahun Pelajaran 2018/ 2019 Sd Negeri 22 Dauh Puri. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 73–81. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.932
Badan Standar, Kuriulum, D. A. P. K. R. (2022). Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) Fase A – Fase F untuk SD/MI/Program Paket A, SMP/MTs/Program Paket B, dan SMA/MA/SMK/MAK/Program Paket C. Jakarta: Kemendikbudristek.
Ginanjar, A. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif dalam Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Indramayu: Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi STKIP Nahdlatul Ulama Indramayu.
Ginanjar, A. (2021). Statistika Terapan Dalam Pendidikan Jasmani & Olahraga: Aplikasi Microsoft Excel & SPSS. Yogyakarta: Deepublish.
Ginanjar, A. (2022). Implementasi Model-Model Pembelajaran Pendidikan Jasmani: Perkembangan Penelitian Di Indonesia (1st ed.). Indramayu: Program Studi Pendidikan Jasmani dan Olahraga STKIP Nahdlatul Ulama Indramayu.
Ginanjar, A., & Ramadhan, R. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Direct Instruction Terhadap Teknik Dasar Tendangan Depan Pencak Silat Siswa Madrasah Tsanawiyah. Jurnal Kependidikan Jasmani Dan Olahraga, 2(1), 1–8.
Ginanjar, A., Ramadhan, R., Adib, W., & Effendy, F. (2021). Differences between STAD Learning Model and DI Learning Model on Pencak Silat Learning Outcomes. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 6(2), 217–223. https://doi.org/10.17509/jpjo.v6i2.35500
Husyaeri, E., & Saleh, B. M. (2022). Metode Latihan Drill Untuk meningkatkan kemampuan Passing pada permainan Futsal. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(2), 521–525. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i2.1966
Irawan, A. (2009). Teknik Dasar Modern Futsal. Jakarta: Pena Ilmu dan Alam.
Iskandar, Y., & Agustan, B. (2021). Pengaruh Pendekatan Taktis Terhadap Keterampilan Passing Bola Pada Sekolah Sepakbola Turangga Sakti. JUARA : Jurnal Olahraga, 3(1), 8. https://doi.org/10.33222/juara.v3i1.211
Jumhana, & Agustan, B. (2016). Pengaruh Model Directinstruction Terhadap Teknik Dasar Dribbling Dalam Permainan Sepak Bola. JUARA : Jurnal Olahraga, 1(1), 46–51. https://doi.org/10.33222/juara.v1i1.57
Lauh, W. D. A. (2014). Dimensi Olahraga Pendidikan Dalam Pelaksanaan Penjasorkes Di Sekolah. Jurnal Pendidikan Olah Raga, 3(1), 83–93.
Mabrur, Setiawan, A., & Mubarok, M. Z. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Direct Instruction Terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Guling Depan Senam Lantai. Physical Activity Journal (PAJU), 2(2), 193–204. https://doi.org/10.20884/1.paju.2021.2.2.4014
Priambodo, M. D., Dwijayanti, K., & Srianto, W. (2023). Pengaruh Latihan Passing Segi Empat Terhadap Teknik Dasar Passing Siswa Putra Di Sekolah Sepak Bola Ksatria Solo Usia 10-12 Tahun. JURNAL ILMIAH PENJAS (Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran), 9(1), 77–91. https://doi.org/10.36728/jip.v9i1.2081
Suherlan, E. (2019). Pengaruh Perbandingan Antara Model Pembelajaran Direct Instruction Dengan Model Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Backhand Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri Cipaku Kecamatan Sukaraja. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 3(5), 1137–1143. https://doi.org/10.33578/pjr.v3i5.7871