Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar dan aktivitas siswa dalam pembelajaran PJOK khususnya pada materi passing bawah permainan bola voli. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil pembelajaran siswa kelas VIII MTS Tauhidiyah 2 Senganten kabupaten bojonegoro melalui pendekatan Teaching Games for Understanding (TGfU). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam bentuk proses berdaur (siklus). Penelitian ini terdiri atas dua siklus, setiap siklus terdiri atas empat tahapan (fase) yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTS Tauhidiyah 2 Senganten yang berjumlah 20 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar hasil tes penilaian dan lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Teaching Games for Understanding memberikan pengaruh yang cukup signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa serta aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran passing bawah. Siswa menjadi lebih aktif, senang dan tertarik untuk mengikuti proses pembelajaran bola voli. Hasil belajar yang dicapai siswa meningkat dengan nilai rata- rata kelas 77,5 (presentase ketuntasan 85%) serta hasil observasi aktivitas guru dan siswa dengan skor total 21 (Baik). Pada siklus II, penelitian dapat terbilang cukup karena sudah mencapai hasil yang sangat baik atau telah mencapai indikator keberhasilan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pendekatan TGFU dapat meningkatkan hasil pembelajaran passing bawah bola voli pada siswa.
References
Allsabah, Muhammad Akbar Husein, Sugito., & Kurniawan, B. T. (2022). Level of physical activity , body mass index ( BMI ), and sleep patterns among school students. Journal Sport Area, 7(1), 134–147. https://doi.org/https://doi.org/10.25299/sportarea.2022.vol7(1).8188
Husein Allsabah, M. A., Sugito, Prasetya Kurniawan, W., Putra, R. P., Junaidi, S., Shandy, D. K., & Tri Nugroho, F. (2025). Active Movement in Elementary School: Stimulating Basic Movement Skills for Lower Grade Students. GANDRUNG: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 2444–2457. https://doi.org/10.36526/gandrung.v6i2.5735
Destriani, D., Destriana, D., Switri, E., & Yusfi, H. (2019). The development of volleyball games learning for students. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 5(1), 16. https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v5i1.12605
Gustian, U., Satrianingsih, B., & Primayanti, I. (2025). Integrating traditional games with teaching games for understanding to stimulating game understanding among elementary students. Jurnal SPORTIF: Jurnal Penelitian Pembelajaran, 11(1), 18–31. https://doi.org/https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v11i1.22370
Vega, S. A., Ma’mun, A., Nuryadi, N., Syarifatunnisa, & Anira, A. (2025). Sports values and social support: A correlational study. Jurnal SPORTIF: Jurnal Penelitian Pembelajaran, 11(1), 153–167. https://doi.org/https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v11i1.25009

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright (c) 2025 Winarto, Rendhitya Prima Putra, Weda
