TINGKAT KECEMASAN DAN STRESS ATLET PADA SAAT KEJUARAAN ANTAR CLUB BOLAVOLI DI KOTA KEDIRI
PDF

Keywords

Survei
Tingkat kecemasan
Stress
Bolavoli

How to Cite

Bahiqi Rahmad, M., Muharram, N. A., & Weda. (2022). TINGKAT KECEMASAN DAN STRESS ATLET PADA SAAT KEJUARAAN ANTAR CLUB BOLAVOLI DI KOTA KEDIRI: Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Kediri 2020/2021. Prosiding Seminar Nasional Kesehatan, Sains Dan Pembelajaran, 1(1), 448 –. https://doi.org/10.29407/seinkesjar.v1i1.1265

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh faktor mental sangat penting dalam prestasi atlet, sehingga tekanan mental yang terjadi pada seorang atlet dalam suatu pertandingan perlu ditangani oleh atlet yang bersangkutan maupun pihak- pihak terkait. Untuk itu perlu adanya penelitian mengenai aspek mental dalam hal ini penelitian lebih mengarah pada tingkat kecemasan dan stress atlet pada saat kejuaraan antar club bolavoli di kota kediri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kecemasan dan stress atlet bolavoli pada saat pertandingan antar club di kota kediri. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Metode penelitian deskriptif dirancang untuk mengumpulkan informasi dan mencari gambaran tentang keadaan-keadaan nyata sekarang dengan menggunakan metode survei. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh atlet club bolavoli kota kediri yaitu Club Mitra, Club Joyoboyo, Pervik dan Club Mars 76 Mojoroto yang terdiri dari 52 atlet.

Berdasarkan hasil penelitian, Mars 76 Mojoroto, Joyoboyo dan juga Pervik dalam kategori “setuju”, yaitu tingkat kecemasan dari empat club yang dijadikan penelitian tersebut mempunyai kategori “setuju” atau 48,00% dan ditinjau dari aspek stress dari empat club tersebut mempunyai kategori “setuju” atau 42,30%, sehingga tingkat kecemasan dan stress atlet pada saat kejuaraan yang setuju dengan indikator yang mempengaruhi sebanyak 90,30%.

https://doi.org/10.29407/seinkesjar.v1i1.1265
PDF
Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2021 Masrum Bahiqi Rahmad, Nur Ahmad Muharram, Weda

Downloads

Download data is not yet available.