Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil pengamatan dan pengalaman peneliti di ranting Pagar Nusa Desa Gempol Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk bahwa adanya fakta belum diketahuinya profil biomotorik siswa pencak silat dan program latihan kondisi fisik belum direncanakan secara baik dan sistematis, padahal sebelum seorang siswa terjun sebagai seorang pelatih, ia harus berada dalam kondisi fisik dan tingkat kebugaran yang baik, tanpa persiapan dan kondisi yang baik siswa yang diterjunkan sebagai seorang pelatih tidak akan berhasil. Sehingga Kondisi siswa memegang peranan yang sangat penting dalam program latihannya dan program saat terjun sebagai seorang pelatih. Berdasarkan dengan permasalahan yang di angkat, maka tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian adalah untuk mengetahui tingkat biomotorik siswa Pencak Silat Pagar Nusa Ranting Desa Gempol Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk. Peneltian ini menggunakan Deskriptif Kuantitatif, penerlitian yang dilakukan untuk mengetahui nilai variabel mandiri, baik satu variabel atau lebih (independent) tanpa membuat perbandingan atau menghubungkan antara variabel satu dengan variabel yang lain. Kesimpulan bahwa dari 15 Siswa Pagar Nusa Ranting Desa Gempol Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk Tahun 2024 di dapat nilai rata-rata tes Push Up Baik, tes Standing Board Jump Baik, Lari 300 Meter Baik, dan sedangkan rata-rata tes Sit Up dan Balke (lari 15 menit) pada kategori Cukup.
References
Allsabah, Muhammad Akbar Husein, Putra, R. P., & Sugito. (2023). Body mass index and physical fitness level of elementary school students. Edu Sportivo: Indonesian Journal of Physical Education, 4(3), 215–229. https://doi.org/https://doi.org/10.25299/esijope.2023.vol4(3).13775
Ayu, N. putri. (2018). Perkembangan Pencak Silat Nu Pagar Nusa Di Kecamatan Singkut , Kabupaten Sarolangun Skripsi Noftafiani Putri Ayu I1a113030 Program Studi Ilmu Sejarah. Perkembangan Pencak Silat Nu Pagar Nusa ….
Hambali, S., Sundara, C., & Meirizal, Y. (2020). Kondisi Fisik Atlet Pencak Silat Pplp Jawa Barat. Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 19(1), 74–82. https://doi.org/10.20527/multilateral.v19i1.8217
Komara E. (2023). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif (Issue January).
Lubis, J. (2016). pencak silat edisi ketiga.
Melyza, A., & Aguss, R. M. (2021). Persepsi Siswa Terhadap Proses Penerapan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Pada Pandemi Covid-19. Journal Of Physical Education, 2(1), 8–16. https://doi.org/10.33365/joupe.v2i1.950
Muhtar, T. (2018). Pencak Silat.
Rahayu, N. (2018). TINGKAT KONDISI FISIK ATLET PENCAK SILAT PSHT DI PADEPOKAN PSHT KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN 2017. 02, 1–12.
Rais, M. (2020). Tingkat Kondisi Fisik Siswa Pencak Silat Walet Puti Di Gelanggang Gabungan Kecamatan Bengkalis Kabupaten Bengkalis.