Pengembangan Permainan EGPORT (EGRANG PORTABLE) sebagai Tujuan Penjas di Sekolah Dasar
PDF

Keywords

Pengembangan
Permainan Egport

How to Cite

Farikha, M. ., Setiawan, I. ., & Kurniawan, W. P. . (2024). Pengembangan Permainan EGPORT (EGRANG PORTABLE) sebagai Tujuan Penjas di Sekolah Dasar . Prosiding Seminar Nasional Kesehatan, Sains Dan Pembelajaran, 3(1), 716–725. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/seinkesjar/article/view/4607

Abstract

Panelitian ini dilatar belakangi hasil observasi dari beberapa Sekolah Dasar dimana Siswa- siswi sudah merasa bosan saat mata pelajaran penjas serta menjadikan minat anak ketika jam pembelajaran penjas juga berkurang.Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: Bagaimana pengembagan permainan egport bagi siswa SD dan siswa MI? Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) prosedur penelitian ini mengacu pada sugiyono yang melewati 9 tahap yaitu mencari potensi dan masalah , pengumpulan data, desain produl, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba materi. Subjek uji coba kepada 96 siswa dari 5 sekolah dasar SDN WONOSARI, SDN BESUK 2, SDN BULUPASAR, SDN SIDOMULYO, MI SUBULUL MUTADIN. Teknik pengumpulan data berupa wawancara dan kuesioner (angket).

Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) terciptanya produkpermainan egport bagi siswa sekolah dasar di kabupaten kediri, (2) permainan egport sudah teruji kevalidannya dengan validasi ahli materi 100%, validasi ahli media 100% dikategorikan “layak”. Pada uji coba skala kecil di SDN WONOSARI 1 91, 3 % dikategorikan “layak”, di SDN BESUK 2 89,1% dikategorikan “layak” selanjutnya uji coba skala besar SDN SIDOMULYO 2 88,0% dikategorikan “layak” SDN BULUPASAR 87,5% dikategorikan “layak” MI SUBULUL MUTADIN 91,2% dikategorikan “layak”. Sehingga secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa permainan egport yang dikembangkan layak digunakan.

PDF

References

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Borg, W. R., & Gall, M. D. (1989). Educational Research: An Introduction. Fifth Edition. London: Longmann.

Depdiknas. (2003). Undang-undang RI No.20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Fauzi, A. R., Octaviani, D., & Yukha, E. M. (2022). Inventarisasi Permainan Tradisional Sebagai Media Perkembangan Nilai Karakter pada Anak SD/MI. JIPMI: Jurnal Inovasi Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah.

KBBI. (t.thn.). KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia). Dipetik Januari Sabtu, 6, 2024, dari https://kbbi.web.id/egrang.

Kinesti, R. D., Taqiya, N., Nurfiani, S., Pionika, R. V., Rohyatun, Praharsini, A., et al. (2021). Melestarikan Kesenian Tradisional melalui Permainan Tradisional Dakon untuk Meningkatkan Karakter Anak MI /SD. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 288-299.

Laksono, B. (2006). Kumpulan Permainan Rakyat Olahraga Tradisional. Tangerang: Cerdas Jaya.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatfif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Download data is not yet available.