Pentingnya Penghitungan Status Gizi dan Kebutuhan Kalori Peserta Didik dalam Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
PDF

Keywords

status gizi
kebutuhan kalori
PJOK

How to Cite

Mashuri, H. . (2022). Pentingnya Penghitungan Status Gizi dan Kebutuhan Kalori Peserta Didik dalam Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan. Prosiding Seminar Nasional Kesehatan, Sains Dan Pembelajaran, 2(1), 78–84. https://doi.org/10.29407/seinkesjar.v2i1.2997

Abstract

Pendidikan merupakan upaya untuk menciptakan manusia seutuhnya, yaitu manusia yang sehat jasmani, rohani, sosial, serta spritual. PJOK merupakan satu-satunya mata pelajaran yang mampu mendidik peserta didik melalui aktivitas fisik. Pendidikan melalui aktivitas fisik akan membentuk pola hidup hingga menjadi gaya hidup sehat peserta didik. Salah satu indikator kesehatan dan kebugaran peserta didik adalah status gizi dan kebutuhan kalori peserta didik. Status gizi akan menentukan kategori kebutuhan gizi peserta didik. Kebutuhan kalori menunjukkan kebutuhan zat gizi yang harus dipenuhi peserta didik. Penghitungan status gizi dan kebuthan kalori peserta didik disesuaikan dengan aktivitas fisik, olahraga, jenis kelamin, usia, antropometri, masa pertumbuhan, dan gaya hidup peserta didik. Melalui penghitungan ini, guru PJOK bisa membuat pola makan sebagai rekomendasi kepada orang tua atau wali peserta didik.

https://doi.org/10.29407/seinkesjar.v2i1.2997
PDF

References

Chan, A. A. S., & Sandy. (2021). Hubungan Antara Status Gizi dan Kebugaran Dengan Hasil Belajar Penjaskes Peserta Didik SMA N 2 Padang. Dharmas Journal Of Sports, 01(1), 1–8. Retrieved from http://ejournal.undhari.ac.id/index.php/djs/article/view/194/121

Herpandika, R. P., Yuliawan, D., & Rizky, M. Y. (2019). Studi Kondisi Fisik Dan Status Gizi Atlet Puslatkot Kota Kediri 2019. Seminar Nasional IPTEK Olahraga (SENALOG) II, 2(1), 8.

Kementerian Kesehatan RI. (2013). Pedoman Gizi Olahraga (Bina Gizi). Jakarta: Kementerian Kesehatan.

Mahfud, I., Gumantan, A., & Fahrizqi, E. B. (2020). Analisis IMT (Indeks Massa Tubuh) Atlet UKM Sepakbola Universitas Teknokrat Indonesia. SATRIA: Journal Of Sports Athleticism in Teaching and Recreation on Interdisciplinary Analysis, 3(1), 9–13. Retrieved from http://publikasi.stkippgri-bkl.ac.id/index.php/SATRIA/article/view/324

Mashuri, H. (2015). Pengaruh Latihan Permainan Catur Terhadap Prestasi Akademik Siswa SD Se-Kabupaten Trenggalek. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran Olahraga, 1(1), 1. https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v1i1.570

Mashuri, H. (2017). Persepsi Siswa terhadap Pemebelajaran Guru Pendidikan Jasmani di SMA Muhammadiyah Kediri. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran Olahraga, 3(1), 1–10. Retrieved from http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pjk/index

Mashuri, H., Gunarto, P., & Adi, I. P. P. (2022). Pengukuran Kebutuhan Gizi Atlet Federasi Panjat Tebing Indonesia Kabupaten Buleleng. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat 4. Buleleng: Universitas Pendidikan Ganesha.

Mashuri, H., Mappaompo, A., Gunarto, P., & Herpandika, R. P. (2021). Pendekatan Kreatif Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan: Adaptasi Pandemi COVID-19 untuk Membentuk Gaya Hidup Sehat. SEMDIKJAR 4: Seminar Pendidikan Dan Pembelajaran. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/view/1501

Mashuri, H., & Pratama, B. A. (2019). Peran Permainan Tradisional dalam Pendidikan Jasmani untuk Penguatan Karakter Peserta Didik. Proceedings of the National Seminar on Women’s Gait in Sports Towards a Healthy Lifestyle, (April). Retrieved from http://ejournal.utp.ac.id/index.php/PROPKO/article/view/865

Mashuri, H., Puspitasari, I. C., & Abadi, S. M. (2019). Pendidikan Jasmani dan Olahraga : Sebuah Pandangan Filosofi. Prosiding Seminar Pendidikan Dan Pembelajaran, 3, 383–390. Retrieved from http://ojs.semdikjar.fkip.unpkediri.ac.id/index.php/SEMDIKJAR/article/view/41/39

Mustafa, P. S., & Dwiyogo, W. D. (2020). Kurikulum Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan di Indonesia Abad 21. JARTIKA Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan, 3(2), 422–438. https://doi.org/10.36765/jartika.v3i2.268

Noor, M. A., Erliana, M., & Arifin, R. (2021). Status Gizi Ditinjau dari Pengetahuan Pola Hidup Sehat Peserta Didik Sekolah Dasar Negeri Marabahan Kabupaten Barito Kuala. Stabilitas: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olaahraga, 2(1), 18–22. Retrieved from http://103.81.100.242/index.php/mpj/article/view/1049/555

Nurhasan, & Narlan, A. (2011). Tes dan Pengukuran Pendidikan Olahraga. Tasikmalaya: Universitas Siliwangi.

Pethusamy, K., Gupta, A., & Yadav, R. (2022). Basal Metabolic Rate (BMR). Encyclopedia of Animal Cognition and Behavior, 620–621. Retrieved from https://link.springer.com/referenceworkentry/10.1007/978-3-319-55065-7_1429

Sandi, I. N. (2019). Jenis Keterampilan dan Pengelompokkan Olahraga. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 5(2), 64–73. Retrieved from https://ojs.ikippgribali.ac.id/index.php/jpkr/article/view/303

Santana-Cabrera, L., O ’shanahan-Navarro, G., García-Martul, M., Ramírez Rodríguez, A., Sánchez-Palacios, M., & Hernández-Medina, E. (2006). Quality of Artificial Nutritional Support in an Intensive Care Unit. Nutricion Hospitalaria, 21(6), 661–666. Retrieved from https://scielo.isciii.es/pdf/nh/v21n6/original4.pdf

Secor, S. M. (2009). Specific dynamic action: a review of the postprandial metabolic response. Journal of Comparative Physiology B, 179(56). https://doi.org/10.1007/s00360-008-0283-7

Warda, U. O., Damrah, & Pitnawati. (2021). Pengaruh Disiplin Belajar, Status Gizi, Kebugaran Jasmani dan Pola Asuh Orang Tua terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Peserta Didik pada Masa. Sains Olahraga Dan Pendidikan JasmaniI, 21(2), 1–10. https://doi.org/10.24036/JSOPJ.70

Watson, A. D., Zabriskie, H. A., Witherbee, K. E., Sulavik, A., Gieske, B. T., & Kerksick, C. M. (2019). Determining a Resting Metabolic Rate Prediction Equation for Collegiate Female Athletes. Journal of Strength and Conditioning Research, 33(9), 2426–2432. https://doi.org/10.1519/JSC.0000000000002856

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2023 Hendra Mashuri

Downloads

Download data is not yet available.