Penyuluhan Pemenuhan Kebutuhan Gizi pada Ibu Menyusui di Kelurahan Semampir Kota Kediri
PDF

Keywords

Penyuluhan
Gizi Ibu Menyusui
Demonstrasi nutrisi
ibu menyusui

How to Cite

Va’iza, A. N. ., Wati, N. A. ., Rohmah, E. N. ., Azhari, A. A. A. ., Nahak, M. Y. R. ., Nurahmawati, D. ., & Mulazimah, M. (2024). Penyuluhan Pemenuhan Kebutuhan Gizi pada Ibu Menyusui di Kelurahan Semampir Kota Kediri . Prosiding Seminar Nasional Kesehatan, Sains Dan Pembelajaran, 3(1), 77–80. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/seinkesjar/article/view/4489

Abstract

Menyusui merupakan salah satu cara yang alamiah dalam memberikan makanan dan minuman diawal kehidupan bayi. Kebutuhan gizi ibu menyusui perlu diperhatikan pada masa menyusui, karna gizi yang masuk tidak hanya mencukupi kebutuhan gizi dirinya melainkan harus memproduksi ASI bagi bayinya. Status gizi ibu menyusui merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kuantitas dan kualitas kandungan ASI.).  Ibu yang tidak mampu menggantikan zat gizi yang diberikan kepada bayi berisiko mengalami gizi kurang atau bahkan masalah kesehatan seperti osteoporosis, kerusakan gigi dan juga kekurangan energi kronis (KEK). Hasil penelitian yang dilakukan pada Tahun 2009 menunjukkan 34,6% ibu menyusui di Indonesia berisiko KEK terutama pada ibu yang menyusui predominan. Tujuan dari penyuluhan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran ibu menyusui tentang pentingnya mengkonsumsi gizi seimbang. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan Partisipatif Action Research (PAR) yang dilakukan dengan ceramah dan diskusi. Hasil dari penyuluhan yang dilaksanakan pada kegiatan sekolah orang tua hebat di kelurahan semampir kota kediri dengan jumlah peserta 33 ibu menujukkan bahwa terjadi peningkatan pengetahuan yang signifikan dari hasil pre dan posttes yang telah dianalisis.
PDF

References

Festi, P. (2018). Buku Ajar Gizi dan Diet. Suraaya: UMSurabaya Publishing.

Rika Ruspita, R. R. (2022). Peningkatan pengetahuan tentang gizi seimbang pada ibu menyusui. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 1194-1197.

Safitri, F. N. (2019). Inovasi chair breastfeeding dalam meningkatkan kenyamanan proses menyusui di desa kalikesur kecamatan kedungbanteng kabupaten banyumas. Purwokerto: repository.ump.ac.id.

Wardatus Zahro, D. R. (2016). Pola pemberian air susu ibu (asi) dan status gizi ibu menyusui di wilayah kerja puskesmas kedungmundu, kota semarang. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 272-281.

Yenni Fitri Wahyuni, R. (2023). Penyuluhan Tentang Gizi Ibu Menyusui Di Desa Matang Puntong Kecamatan Samudera Kabupaten Aceh Utara. Jurnal Pengabdian Ilmu Kesehatan (JPIKes), 198-204.

Downloads

Download data is not yet available.