Pelatihan Pembuatan Makanan Tambahan dari Olahan Ikan dalam Upaya Pencegahan Stunting di Desa Sesua Kabupaten Malinau
PDF

Keywords

Pelatihan
Makanan Tambahan
Olahan Ikan
Stunting
Gizi

How to Cite

Lestary, T. T. ., Laily, N. A. ., & Permatasari, A. E. . (2022). Pelatihan Pembuatan Makanan Tambahan dari Olahan Ikan dalam Upaya Pencegahan Stunting di Desa Sesua Kabupaten Malinau. Prosiding Seminar Nasional Kesehatan, Sains Dan Pembelajaran, 2(1), 606 –. https://doi.org/10.29407/seinkesjar.v2i1.3082

Abstract

Permasalahan stunting menjadi perhatian khusus pemerintah saat ini. Pemerintah berkoordinasi dengan lintas sektor salah satunya adalah Perguruan Tinggi dalam upaya penurunan angka stunting menjadi 14% pada tahun 2024. Salah satu faktor terjadinya stunting adalah kekurangan gizi yang terjadi pada 1000 Hari Pertama Kelahiran. Dari hasil pengamatan yang dilakukan penulis terdapat sumber makanan lokal yang sangat berpotensi meningkatkan gizi anak yaitu Ikan Bandeng di Desa Sesua Kabupaten Malinau. Namun, penyajian ikan sebagai makanan kurang diminati oleh anak. Permasalahan yang terjadi adalah kurangnya informasi kepada ibu tentang kebutuhan gizi pada anak dan pengolahan makanan yang bergizi dari potensi lokal tetapi menarik minat makan pada anak. Sehingga pelaksanaan Pengabdian Masyarakat ini bertujuan meningkatan pengetahuan ibu tentang gizi pada anak dan keterampilan dalam membuat makanan olahan ikan yang menarik untuk anak. Pelatihan diawali dengan memberikan edukasi kepada ibu tentang kebutuhan gizi pada anak dan kandungan gizi pada Ikan Bandeng sebagai makanan tambahan. Selanjutnya pelatihan dilakukan dengan metode demonstrasi menggunakan alat dan bahan yang disiapkan. Hasil pelatihan ini memperlihatkan bahwa adanya peningkatan pengetahuan Ibu tentang kebutuhan gizi anak serta keterampilan dalam membuat makanan olahan ikan yang menarik sebagai makanan tambahan anak. Dalam evaluasi hasil kegiatan terdapat peningkatan pengetahuan dan keterampilan ibu tentang gizi dan makanan tambahan dengan olahan ikan.

https://doi.org/10.29407/seinkesjar.v2i1.3082
PDF

References

Ahmmed, M. K., Ahmmed, F., Tian, H., Carne, A., & Bekhit, A. E. D. 2020. Marine Omega-3 (N-3) Phospholipids: A Comprehensive Review Of Their Properties, Sources, Bioavailability, And Relation To Brain Health. Comprehensive Reviews In Food Science And Food Safety, 19(1), 64–123.

Alyani, F., Ma’Ruf, W. F., & Anggo, A. D. 2016. Pengaruh Lama Perebusan Ikan Bandeng (Chanos Chanos Forsk) Pindang Goreng Terhadap Kandungan Lisin Dan Protein Terlarut. Jurnal Pengolahan Dan Bioteknologi Hasil Perikanan, 5(1), 88–93.

BKKBN. 2021. BKKBN. Indonesia Cegah Stunting.

Budge, S., Parker, A. H., Hutchings, P. T., & Garbutt, C. 2019. Environmental Enteric Dysfunction And Child Stunting. Nutrition Reviews, 77(4), 240–253.

Djunaidah, I. S. 2017. Tingkat Konsumsi Ikan Di Indonesia: Ironi Di Negeri Bahari. Jurnal Penyuluhan Perikanan Dan Kelautan, 11(1), 12–24.

Sari, Y. V., Rejeki, F. S., & Puspitasari, D. 2020. Formulasi Cookies Dengan Subtitusi Tepung Daging Ikan Bandeng (Chanos Chanos) Menggunakan Teknik Pemograman Linier. Agrointek: Jurnal Teknologi Industri Pertanian, 14(1), 88–98.

Sugito, S., Prahutama, A., Tarno, T., & Hoyyi, A. 2019. Diversifikasi Olahan Ikan Bandeng oleh UKM Primadona dalam Program Pengabdian IbPE 2016-2018. E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 10(1), 100.

Sutio, D. 2017. Analisis Faktor-Faktor Risiko terhadap Kejadian Stunting pada Balita. Jurnal Departemen Gizi Fakultas Kesehatan Masarakat, Vol. 28 No, 247–256.

WHO. 2018. Reducing Stunting In Children: Equity Considerations For Achieving The Global Nutrition Targets 2025.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2023 Tanti Tri Lestary, Nur Aisyah Laily, Annisa Eka Permatasari

Downloads

Download data is not yet available.