Penyuluhan Pola Asah, Asih, Asuh Orang Tua sebagai Upaya Pencegahan Stunting
PDF

Keywords

Pola Asah Asih Asuh
Stunting
Ibu Balita

How to Cite

Rahmadini, S. N. ., Sari, R. I. P. ., & Noeraini, A. R. . (2024). Penyuluhan Pola Asah, Asih, Asuh Orang Tua sebagai Upaya Pencegahan Stunting. Prosiding Seminar Nasional Kesehatan, Sains Dan Pembelajaran, 3(1), 51–56. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/seinkesjar/article/view/4485

Abstract

Stunting masih menjadi masalah kesehatan balita di Indonesia yang belum dapat diselesaikan. Stunting merupakan suatu kondisi gagal tumbuh yang diakibatkan oleh asupan gizi yang kurang. Pravelensi stunting di Indonesia tahun 2023 sebesar 21,6%. Selain asupan gizi yang kurang, stunting dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor. Salah satu faktornya yaitu pola pengasuhan orang tua yang buruk. Hal ini diakibatkan dari kurangnya pengetahuan orang tua ketika mereka mengasuh anaknya. Banyak orang tua yang masih memiliki pola pengasuhan anak yang masih belum sesuai untuk tumbuh dan kembang anak. Hal ini tentu menjadi penyumbang secara tidak langsung untuk kejadian stunting di beberapa daerah di Indonesia. Oleh sebab itu, pengabdian masyarakat ini memiliki tujuan untuk meningkatkan pengetahuan ibu balita terkait pola asah, asih, asuh dalam upaya pencegahan stunting di TK Dharma Wanita 3 Gondanglegi, Kabupaten Nganjuk. Metode yang dilakukan dalam pengabdian masyarakat ini dengan pendekatan Partisipatif Action Research (PAR). Pengabdian masyarakat ini dilaksanakan dengan melalui tahap pre-test, penyuluhan, dan post-test. Hasil dari pengabdian masyarakat ini orang tua balita di TK Dharma Wanita 3 Gondanglegi menunjukkan peningkatan pengetahuan terkait pola mengasuh anak (asah, asih, asuh). Pada akhir pengabdian masyarakat ditutup dengan pemberian buku saku yang dapat disimpan orang tua serta diterapkan di rumah. Selain itu, tim pengabdian masyarakat juga menerima sesi konseling melalui aplikasi Whatsapp sebagai tahap lanjutan dari penyuluhan yang telah diberikan. Dengan demikian, tim pengabdian masyarakat sangat berharap besar kepada orang tua agar mampu melakukan pengasuhan (pola asah, asih, asuh) kepada anaknya dengan lebih maksimal dan membantu menekan angka kejadian stunting di Indonesia.

PDF

References

Amelia, N. A. (2023). Hubungan Pola Asah, Asih, dan Asuh dengan Kejadian Stunting di Wilayah Kerja Puskesmas Lontar Surabaya. Media Gizi Kesmas, 12(1), 389–397.

B, L. E. S., Insani, A. A., & Yulizawati. (2018). Hubungan Pola Pemenuhan Kebutuhan Dasar Bayi Dalam Pemberian Asi Terhadap Perkembangan Bayi. 2-TRIK: Tunas-Tunas Riset Kesehatan, 3(2), 77–81.

Burhanuddin, A., Multazam, A. M., & Habo, H. (2021). Pengaruh Emotional Bonding Terhadap Kejadian Stunting Pada balita usia 24-59 bulan di Kecamatan Tompobulu Kabupaten Bantaeng tahun 2020. Journal of Muslim Community Health, 2(2), 24–39.

Judistiani, T. D., Fauziah, A., Astuti, S., Yuliani, A., & Sari, P. (2017). Gangguan Gizi Balita Di Desa Mekargalih Kecamatan Jatinangor - Sumedang: Masalah Kesehatan Masyarakat. Jurnal Sistem Kesehatan, 1(2), 84–91.

Kemenkes RI. (2021a). Buku Saku Hasil Studi Status Gizi Indonesia (SSGI).

Kemenkes RI. (2021b). Profil Kesehatan Indonesia tahun 2021. In Kementrian Kesehatan RI. Jakarta: Kementrian Kesehatan RI.

Nindyaningrum, S. F., Muniroh, L., & Rifqi, M. A. (2023). Relationship of Three Basic Needs By Mother With Growth and Development of Children Age 3-5 Years in Mulyorejo, Surabaya. Indonesian Journal of Public Health, 18(1), 93–105.

Noeraini, A. R., Yanti, E. S., Wulaningtyas, E. S., & Purnamasari, R. I. (2023). GAMBARAN JARAK KELAHIRAN TERKAIT RESIKO STUNTING KECAMATAN NGADULUWIH. Jurnal Kebidanan Kestra, 5(2), 197–203.

Nugrahmi, M. A., & Haninda Nusantri Rusdi, P. (2020). Pola Asah Dan Asuh Berhubungan Dengan Kejadian Stunting Di Puskesmas Air Bangis, Pasaman Barat. MIKIA: Mimbar Ilmiah Kesehatan Ibu dan Anak (Maternal and Neonatal Health Journal), 22–29.

Prastiwi, M. H. (2019). Pertumbuhan dan Perkembangan Anak usia 3-6 tahun. Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada, 10(2), 242–249.

Supartini, T., Lilis, L., & Winarianti. (2019). HUBUNGAN PEMENUHAN KEBUTUHAN ASUH IBU TERHADAP STATUS STUNTING PADA BALITA USIA 1-5 TAHUN DI PUSKESMAS X KABUPATEN KUBU RAYA. ProNers, 4(1). Diambil dari https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jmkeperawatanFK/article/view/34335/75676582193

Downloads

Download data is not yet available.