Efek Komunikasi Interpersonal Bersama Orang Tua dan Pergaulan Teman Sebaya mengenai Sikap Sosial Siswa
PDF

Keywords

Komunikasi Interpersonal
Orang Tua
Pergaulan Teman Sebaya
Sikap Sosial

How to Cite

Novita, E. ., Hanggara, . G. S. ., & Khususiyah, K. (2024). Efek Komunikasi Interpersonal Bersama Orang Tua dan Pergaulan Teman Sebaya mengenai Sikap Sosial Siswa. Prosiding Seminar Nasional Kesehatan, Sains Dan Pembelajaran, 3(1), 326–332. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/seinkesjar/article/view/4531

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi di lingkungan sekitar dimana terdapat  keluarga yang orang tuanya sibuk dalam bekerja, kurang memiliki komunikasi secara langsung bersama anak. Pengalaman peneliti melaksanakan Pengenalan Lingkungan Persekolahan juga menjadi latar belakang adanya penelitian ini, dimana sekolah menerapkan sistem full day yang mengakibatkan siswa lebih sering berinteraksi dengan teman sekolah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efek komunikasi interpersonal bersama orang tua dan pergaulan teman sebaya mengenai sikap sosial siswa. Pendekatan pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik yang digunakan yaitu penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa SMAN 4 Kediri berjumlah 1.173 siswa. Sampel diambil dengan teknik pengambilan sampel  proporsional random sampling, diperoleh sampel 76 siswa dan teknik analisis data menggunakan teknik analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini berdasarkan analisis regresi linier berganda secara parsial (uji-t) di peroleh nilai signifikan 0,005 < 0,05 dan nilai thitung 2,930 > 1,993 ttabel sehingga Ha diterima. Maka hipotesis pada variabel komunikasi interpersonal bersama orang tua berpengaruh positif dan signifikan mengenai sikap sosial siswa. Berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda secara parsial (uji-t) diperoleh nilai signifikan 0,000 < 0,05 dan nilai thitung 4,369 > ttabel  1,993 sehingga Ha diterima. Maka hipotesis pada variabel pergaulan teman sebaya ber-efek  positif dan signifikan mengenai sikap sosial siswa.  Berdasarkan pengujian secara simultan (uji-F) efek  komunikasi interpersonal bersama orang tua dan pergaulan teman sebaya mengenai sikap sosial siswa diperoleh hasil Fhitung 20,599 > Ftabel 3,120 dengan  signifikansi pada tabel 0,000 < 0,05, maka Ha diterima artinya ada efek secara simultan komunikasi interpersonal bersama orang tua dan pergaulan teman sebaya mengenai  sikap sosial yang signifikan. Koefisien R Square sebesar 0,361 atau 36,1%, artinya efek komunikasi interpersonal bersama orang tua dan pergaulan teman sebaya mengenai sikap sosial sebesar 0,361 atau 36,1%.

PDF

References

Abdullah. 2011. Sosiologi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Anisah AS., Ani & Sapriya S . 2021. Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Sikap Sosial Pada Siswa Sekolah Dasar. Garut: Jurnal Pendidikan Universitas 15 (01)

Azwar, Saifudin. 1998. Sikap Manusia. Yogyakarta: Liberty.

Baron, R.A & Byrne, D. 2005. Psikologi Sosial. Edisi Kesepuluh: Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Barus, Gendon. 2005. Komunikasi Interpersonal Suami-Istri Menuju Keluarga Harmonis, Jornal Intelectual, September 2005, Volume 3, No. 2, Hal.137-152.

Bigner, J.J. 1979. Parent-child Relations: An Introduction to Parenting. New York: Macmillan.

Ghozali, I. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Purwaaktari, E. 2015. Pengaruh Model Collaborative Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dan Sikap Sosial Siswa Kelas V SD Jarakan Sewon Bantul. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 8 (1).

Susanto. 2016. Pengaruh Pola Asuh Orang Tua, Pergaulan Teman Sebaya, Media Televisi Terhadap Karakter Siswa SMP. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 3 (2).

Downloads

Download data is not yet available.