Abstract
Media pembelajaran adalah alat untuk membantu proses pembelajaran peserta didik bertujuan untuk memberikan semangat belajar dan pengalaman yang lebih nyata bagi peserta didik. Namun, pengembangan media pembelajaran yang kurang menyebabkan siswa menjadi tidak fokus dalam memahami materi yang dijelaskan guru. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kebutuhan media pembelajaran IPA materi bagian-bagian tumbuhan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan wawancara, observasi, dan pretest. Instrumen yang digunakan berupa pertanyaan wawancara, angket analisis kebutuhan siswa, dan soal pretest. Teknik analisis data menggunakan cara triangulasi data dengan melakukan observasi secara langsung dan mendeskripsikan temuan yang diperoleh melalui hasil wawancara serta hasil pretest dengan mengaitkan teori yang digunakan dalam penelitian ini, data tersebut dideskripsikan secara terperinci. Hasil penelitian yang diperoleh, menunjukkan bahwa 1) siswa membutuhkan media terutama pada materi bagian-bagian tumbuhan, 2) siswa membutuhkan media yang kreatif dan inovatif untuk menunjang pembelajaran.
References
Alimuddin, J. (2023). IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH DASAR IMPLEMENTATION OF KURIKULUM MERDEKA IN ELEMENTARY. 4(02), 67–75.
Ardhani, A. D., Ilhamdi, M. L., & Istiningsih, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Permainan Monopoli pada Pelajaran IPA. Jurnal Pijar Mipa, 16(2), 170–175. https://doi.org/10.29303/jpm.v16i2.2446
Arum, D. W., Permana, E. P., & Zunaidah, F. N. (2023). Pengembangan Media Scrapbook Quis IPA Kelas IV Materi Metamorfosis Sekolah Dasar. 05(02), 1790–1804.
Bua, A. T., & Annisa, M. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Monopoli pada Tema Ekosistem untuk Siswa Sekolah Dasar. 3(2), 92–100.
Budiwati, R., Budiarti, A., Muckromin, A., Hidayati, Y. M., & Desstya, A. (2023). Analisis Buku IPAS Kelas IV Kurikulum Merdeka Ditinjau dari Miskonsepsi. Jurnal Basicedu, 7(1), 523–534. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4566
Daga, A. T. (2021). Makna Merdeka Belajar dan Penguatan Peran Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Education FKIP UNMA, 7(3), 1075–1090. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1279
Faiz, A. (2022). Pemanfaatan Pojok Baca Dalam Menanamkan Minat Baca Siswa Kelas 3 Di Sdn 1 Semplo. Jurnal Lensa Pendas, 7(1), 58–66. https://doi.org/10.33222/jlp.v7i1.1714
Marini, K., & Silalahi, B. R. (2022). EduGlobal : Jurnal Penelitian Pendidikan Pengembangan Media Monopoli Tematik Pada Subtema Keberagaman. 01, 159–167.
Mualifi, A. W., Putri, K. E., & Wenda, D. D. N. (2022). PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS VIDEO (MOVID) PADA MATERI SIKLUS AIR DAN DAMPAKNYA PADA PERISTIWA DI BUMI SERTA KELANGSUNGAN MAKHLUK HIDUP. Jurnal Riset Pendidikan Dasar Dan Karakter, 4(1), 13–22.
Rahaju, R., & Hartono, S. R. (2017). Pembelajaran Matematika Berbasis Permainan Monopoli Indonesia. JIPMat, 2(2). https://doi.org/10.26877/jipmat.v2i2.1977