Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Sikap Nasionalisme Siswa Kelas X-A SMK PGRI 4 Kediri
PDF

Keywords

Problem based learning
sikap nasionalisme

How to Cite

Rao, P. P. ., Nursalim, N., & Suratman, S. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Sikap Nasionalisme Siswa Kelas X-A SMK PGRI 4 Kediri. Prosiding Seminar Nasional Kesehatan, Sains Dan Pembelajaran, 2(1), 277 –. https://doi.org/10.29407/seinkesjar.v2i1.3030

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi masih banyak ditemukan pendidik yang belum mampu bereksperimen dengan banyaknya model pembelajaran yang ada sehingga pembelajaran saat ini terlihat monoton dan terkadang outputnya tidak sesuai dengan yang diharapkan. Selain itu, model yang digunakan oleh pendidik kurang merangsang daya pikir siswa sehingga materi yang disampaikan tidak terserap dengan baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pengaruh model pembelajaran problem-based learning terhadap sikap nasionalisme siswa kelas X-A SMK PGRI 4 Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis Correlation Product Moment menggunakan bantuan program SPSS 16.0.Populasi pada penelitian ini adalah populasi finit karena populasi yang sudah diketahui jumlahnya yaitu siswa angkatan kelas X SMK PGRI 4 Kediri yang berjumlah total 231 siswa,dengan sampel seluruh siswa kelas X-A SMK PGRI 4.Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menerapkan purposive random sampling atau penentuan sampel secara acak.Dan data penelitian ini diperoleh melalui instrumen angket. Hasil dari penelitian ini menunjukkan nilai thitung = 30,101 dan ttabel dengan df= n-1= 47 berarti thitung > ttabel, 30,101 > 1,678 maka H0 ditolak dan Ha. Hal ini berarti terdapat pengaruh penggunaan metode pembelajaran problem-based learning terhadap sikap nasionalisme siswa Kelas X SMK PGRI 4 Kediri.

https://doi.org/10.29407/seinkesjar.v2i1.3030
PDF

References

Primandiri, P. R., & Santoso, A. M. (2022). The development of students' worksheets using problem-based learning to improve creativity and time management skills of students. In AIP Conference Proceedings (Vol. 2468, No. 1, p. 030016). AIP Publishing LLC.

Sa’adah, S. L., Suryaji, M. A., Azizah, S. N., Primandiri, P. R., & Santoso, A. M. (2015). Effective Problem Based Learning (PBL) Based Local Materials for Improving Metacognition Skills, Inquiry Skills and Social Skills Class VIII SMP Pawyatan Daha 2 Kediri. In Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Environmental, and Learning (Vol. 12, No. 1, pp. 501-506).

Santoso, A. M., Primandiri, P. R., Zubaidah, S., & Amin, M. (2021, March). The development of students’ worksheets using project based learning (PjBL) in improving higher order thinking skills (HOTs) and time management skills of students. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1806, No. 1, p. 012173). IOP Publishing.

Shoimin, A. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013, Yogyakarta : Ar- Ruzz Media

Trianto. 2010. Pengantar Penelitian Pendidikan Bagi Pengembangan Profesi Pendidikan Dan Tenaga Kependidikan, Jakarta: Kencana Pren Media Group

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2023 Paulus Parco Rao, Nursalim Nursalim, Suratman Suratman

Downloads

Download data is not yet available.