Hubungan antara Sikap Toleransi Beragama dengan ‎Sikap Nasionalisme Santri Pondok Pesantren Assalafiy ‎Al-Ikhlas Kaliboto
PDF

Keywords

toleransi
nasionalisme
kestabilan sosial
korelasi product moment

How to Cite

Abidin , M. N. . (2022). Hubungan antara Sikap Toleransi Beragama dengan ‎Sikap Nasionalisme Santri Pondok Pesantren Assalafiy ‎Al-Ikhlas Kaliboto. Prosiding Seminar Nasional Kesehatan, Sains Dan Pembelajaran, 2(1), 53–58. https://doi.org/10.29407/seinkesjar.v2i1.2993

Abstract

Toleransi beragama dalam kehidupan bermasyarakat merupakan hal ‎yang harus senantiasa ditanamkan kepada generasi penerus bangsa maupun segala ‎lapisan masyarakat, sebab tanpa adanya sikap toleransi beragama maka kerukunan ‎antar masyarakat maupun antar umat beragama sangat sulit untuk terwujud. ‎Selain penanaman sikap toleransi beragama, penanaman sikap nasionalisme juga ‎harus dilaksanakan untuk menjaga kestabilan sosial maupun menjaga keutuhan ‎bangsa.‎ Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui sikap ‎toleransi beragama santri pondok pesantren Assalafiy Al-Ikhlas Kaliboto, (2) mengetahui sikap nasionalisme beragama santri pondok pesantren Assalafiy ‎Al-Ikhlas Kaliboto, (3) mengetahui hubungan antara sikap toleransi beragama ‎dengan sikap nasionalisme santri pondok pesantren Assalafiy Al-Ikhlas Kaliboto.‎ Penelitian ini menggunakan teknik analisis korelasi dengan ‎pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian ini sejumlah 34 responden yang diambil ‎secara acak terhadap santri pondok pesantren Assalafiy Al-Ikhlas Kaliboto. ‎Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket, dan teknik ‎analisis data menggunakan teknik analisis korelasi product moment.‎ Hasil penelitian yaitu, (1) rata-rata skor sikap toleransi beragama adalah sedang, (2) rata-rata skor sikap nasionalisme adalah sedang, (3) terdapat korelasi yang sangat signifikan atara toleransi beragama dengan nasionalisme.

https://doi.org/10.29407/seinkesjar.v2i1.2993
PDF

References

Aman. 2011. Model Evaluasi Pembelajaran Sejarah. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

De Dreu, CKW. & De Vries, NK. 2001. Group Consensus and Minority Influence. Oxford: Blackwell Publishers Ltd.

Hosbawm, EJ. 1992. Nasionalisme Menjelang Abad 21. Yogyakarta: PT Tiara Wacana.

Martaniah, S.M. 1990. Konsep dan Alat Ukur Kualitas Berbangsa dan Bernegara. Laporan Penelitian. Tidak diterbitkan. Yogyakarta: Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada.

Rachmat, Djatnika. 1996. Sistem Ethika Islami (Akhlak Mulia). Pustaka Panjimas.‎

Soewarso. 2000. Cara-cara penyampaian pendidikan sejarah untuk membangkitkan minat peserta didik mempelajari sejarah bangsanya. Jakarta. Publisher: Depdiknas.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2023 Muhamad Nasichul Abidin

Downloads

Download data is not yet available.