Upaya Peningkatan Pemahaman Konsep Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbasis Lembar Kerja Siswa (LKS) pada Mata Pelajaran Matematika
PDF

Keywords

SPLDV
Problem Based Learning
Lembar Kerja Siswa

How to Cite

Aini, A. Z. ., & Lestari , N. W. . (2022). Upaya Peningkatan Pemahaman Konsep Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbasis Lembar Kerja Siswa (LKS) pada Mata Pelajaran Matematika . Prosiding Seminar Nasional Kesehatan, Sains Dan Pembelajaran, 2(1), 378 –. https://doi.org/10.29407/seinkesjar.v2i1.3048

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran PBL dalam meningkatkan pemahaman siswa mata pelajaran Matematika materi SPLDV pada siswa kelas X SMK Muhammadiyah 3 Nganjuk. Model penelitian ini menggunakan model penelitian Kemmis dan Taggard yang terdiri dari 4 tahap yaitu; perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Multimedia SMK Muhammadiyah 3 Nganjuk Tahun Pelajaran 2021/2022 dengan jumlah 14 siswa, terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 3 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan penilaian tes tertulis. Hasil penelitian yakni dalam penerapan metode PBL terdapat peningkatan aktivitas guru dan juga siswa di setiap siklusnya, ini bisa dibuktikan untuk aktivitas guru pada siklus I mencapai persentase 86%, sedangkan pada siklus II aktivitas guru mencapai persentase 98%. Aktivitas siswa pada siklus I mencapai persentase 71%, sedangkan pada siklus II mencapai persentase 92%; 2) terdapat peningkatan pemahaman siswa pada setiap siklusnya. Terbukti dengan nilai rata-rata siswa pada siklus I sebesar 77,21 mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 86,5 dengan prosentase hasil belajar sebesar 71,42% mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 92,85%, sehingga pada siklus II dinyatakan berhasil karena sudah mencapai indikator kinerja.

https://doi.org/10.29407/seinkesjar.v2i1.3048
PDF

References

Hastuti, E. D. 2012. Penerapan Strategi Pembelajaran Poster Session Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Komunikasi Siswa Dalam Pembelajaran Matematika. Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Prastowo, A. 2012. Panduan Kreatif Menyusun Bahan Ajar Inovatif: Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan. Yogyakarta: DIVA Press.

Primandiri, P. R., & Santoso, A. M. (2022). The development of students' worksheets using problem-based learning to improve creativity and time management skills of students. In AIP Conference Proceedings (Vol. 2468, No. 1, p. 030016). AIP Publishing LLC.

Rusmono. (2014). Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning itu Perlu. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.

Santoso, A. M., Primandiri, P. R., Zubaidah, S., & Amin, M. (2021). The development of students’ worksheets using project based learning (PjBL) in improving higher order thinking skills (HOTs) and time management skills of students. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1806, No. 1, p. 012173). IOP Publishing.

Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2023 Addin Zuhrotul Aini, Nurul Widhi Lestari

Downloads

Download data is not yet available.