Abstract
Program Kampus Mengajar merupakan bagian dari kebijakan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) yang dikelola oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Olahraga, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Program ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan literasi dan numerasi siswa melalui metode pembelajaran inovatif dengan memanfaatkan media dan teknologi. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 1 Kudu untuk mengatasi rendahnya kemampuan literasi dan numerasi siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum perlakuan, kemampuan literasi dan numerasi siswa masih rendah. Namun, setelah penerapan media pembelajaran dari barang bekas, terjadi peningkatan signifikan dalam kemampuan literasi dan numerasi siswa. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan skor pada tes literasi dan numerasi siswa setelah perlakuan
References
Ali, Z. (2022). Program Kampus Mengajar Dalam Meningkatkan Keterampilan Literasi dan Numerasi Siswa Sekolah Dasar (Studi Kasus: SDN 17 Palu): Hasil PENGABMAS. Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Riset Pendidikan, 1(2), 77-84.
Hijrathaen, C., Permatasari, G., Firmasari, T., & Maysuroh, S. (2023). Implementasi Program Kerja Kampus Mengajar Dalam Media Pembelajaran Game Ular Tangga Guna e-ISSN: 3047-0358; p-ISSN: 3047-0331, Hal 34-46 46 Meningkatkan Keterlibatan dan Pemahaman Numerasi Peserta Didik. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sains Indonesia, 5(2) 93-98.
Laksana, D.N.L. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Literasi Dan Numerasi Berbasis Budaya Lokal Untuk Siswa SD Kelas Rendah. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 7(1), 12-23. http://dx.doi.org/10.17977/um038v7i12024p012
Lusiana, Y., Widjanarko, W., & Dewi, W. C. (2022). Peran Kampus Mengajar Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Pada Siswa SDN Klepu 02, Semarang, Jawa Tengah. Jurnal Layanan Masyarakat, 6(2).
Waldi, A., Putri, N. M., Indra, I., Ridalfich, V., Mulyani, D., & Mardianti, E. (2022). Peran Kampus Mengajar Dalam Meningkatkan Literasi, Numerasi Dan Adaptasi Teknologi Peserta Didik Sekolah Dasar di Sumatera Barat. Journal of Civic Education, 5(3), 284- 292.