Eksplorasi Etnomatematika pada Monumen Simpang Lima Gumul Kediri
PDF

Keywords

Etnomatematika
Geometri
Simpang Lima Gumul

How to Cite

Fatmasari, O. A. ., & Jatmiko, J. (2024). Eksplorasi Etnomatematika pada Monumen Simpang Lima Gumul Kediri. Prosiding Seminar Nasional Kesehatan, Sains Dan Pembelajaran, 3(1), 279–285. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/seinkesjar/article/view/4523

Abstract

Etnomatematika sangat penting dalam pembelajaran matematika karena mengaitkan konsep-konsep matematika dengan budaya, memperkaya proses pembelajaran dengan nilai-nilai lokal dan pengalaman budaya. Tujuan penelitian ini yaitu mengeksplorasi konsep etnomatematika yang terdapat pada bangunan bersejarah yang ada di Kabupaten Kediri yaitu Monumen Simpang Lima Gumul Kediri. Jenis Penelitian yang digunakan merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Metode pengumpulan datanya berupa observasi, dokumentasi dan studi literatur. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat eksplorasi etnomatematika pada bangunan yang ada di Monumen Simpang Lima Gumul Kediri khususnya pada materi geometri bidang seperti persegi, persegi panjang, lingkaran, segi delapan, trapesium, dan belah ketupat. Selanjutnya pada materi geometri ruang seperti bangun ruang kubus dan tabung. Dan di monumen Simpang Lima Gumul juga terdapat konsep geometri transformasi seperti refleksi, dilatasi, rotasi, serta translasi. Temuan ini dapat dimanfaatkan sebagai bahan pengembangan dan inovasi media pembelajaran dalam konteks budaya lokal yang ada disekitar siswa.

PDF

References

Afifi, R. N., Trapsilasiwi, D., & Yudianto, E. (2019). Etnomatematika Pada Bangunan Tempat Ibadah Tri Dharma Hoo Tong Bio Berdasarkan Konsep Geometri Sebagai Bahan Ajar Siswa. KadikmA, 10(1), 25–34. https://doi.org/10.19184/kdma.v10i1.11655

Dominikus, W.S. (2018). Etnomatematika Adonara. Malang: Media Nusa creative.

Fauzi, L. M., Hanum, F., Jailani, J., & Jatmiko, J. (2022). Ethnomathematics: Mathematical Ideas and Educational Values on the Architecture of Sasak Traditional Residence. International Journal of Evaluation and Research in Education, 11(1), 250-259.

Fredy, F., Halimah, L., & Hidayah, Y. (2020). Malind-Papua Ethnomathematics: Kandara Musical Instrument as Learning Media for Geometry Concepts in Elementary School. Jurnal Iqra’ : Kajian Ilmu Pendidikan, 5(1), 43–57.

https://doi.org/10.25217/ji.v5i1.872

Gawen, M. nirmala hospa, Taga, G., & Meke, K. D. P. (2021). Eksplorasi Etnomatematika Bentuk Anyaman Daun Lontar Kebudayaan Lamaholot. JUPIKA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA, 4(1), 52–61. https://doi.org/10.37478/jupika.v4i1.847

Hurit, R. U. dan Suarsono, St. (2019). Kajian Etnomatematika Rumah Adat Koko Bala Dan Pakaian Tradisional Di Lewotala Kabupaten Flores Timur (NTT). Proseding Sendika. 5(1). 308-316

Lisnani, L., Zulkardi, Z., Putri, R. I. I., & Somakim, S. (2020). Etnomatematika: Pengenalan Bangun Datar Melalui Konteks Museum Negeri Sumatera Selatan Balaputera Dewa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3), 359–370. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i3.754

Nurmaya, R. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Etnomatematika Pada Materi Transformasi Geometri. RANGE: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 123–129. https://doi.org/10.32938/jpm.v2i2.941

Pratiwi, J. W., & Pujiastuti, H. (2020). Eksplorasi etnomatematika pada permainan tradisional kelereng. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(2), 1-12.

Rahmawati. Z. Y. & Muchlian, M (2019). Eksplorasi Etnomatematika Rumah gadang Minangkabau Sumatra Barat. Jurnal Analisa 5(2), 124-129

Rakhmawati, R. (2016). Aktivitas Matematika Berbasis Budaya pada Masyarakat

Lampung. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 221–230.

https://doi.org/10.24042/ajpm.v7i2.37

Renggi A. S. J. (2019). Etnomatematika Dalam Kerajinan Tangan Anyaman Masyarakat Desa

Watukamba Kecamatan Maurole Kabupaten Ende. Prosiding Sendika. 5(1), 94-102

Sulistyani, A. P., Windasari, V., Rodiyah, I. W., & Muliawati, N. E. (2019).

Eksplorasi Etnomatematika Rumah Adat Joglo Tulungagung. Media Pendidikan Matematika, 7(1), 22–28. https://doi.org/10.33394/mpm.v7i1.1537

Sundayana, R. (2016). Kaitan Antara Gaya Belajar, Kemandirian Belajar, Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Smp Dalam Pelajaran Matematika.

Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika Stkip Garut, 8(1), 6.

Tyaningsih, R. Y., Salsabila, N. H., Samijo, S., & Jatmiko, J. (2020). Pengembangan MUPEL (multimedia peluang) berbasis etnomatematika dalam permainan tradisional anak (Dakon). Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 6(1), 39-53.

Wahyuni, N. S. (2021). Analisis Etnomatematika Pada Kerajinan Anyaman Bambu Terhadap

Pemebelajaran Matematika di Kabupaten Sukabumi. Jurnal PEKA (Pendidikan Matematika)4(2)

Downloads

Download data is not yet available.