Pengembangan LKPD Interaktif Berbasis Etnomatematika Berbantuan Aplikasi Canva dan Liveworksheet
PDF

Keywords

LKPD
interaktif
etnomatematika

How to Cite

Nisa, S. K. . (2024). Pengembangan LKPD Interaktif Berbasis Etnomatematika Berbantuan Aplikasi Canva dan Liveworksheet. Prosiding Seminar Nasional Kesehatan, Sains Dan Pembelajaran, 3(1), 493–501. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/seinkesjar/article/view/4557

Abstract

Penelitian ini dilandasi karena kesulitannya peserta didik dalam menghubungkan budaya dengan etnomatematika. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa Lembar Kerja Peserta Disik (LKPD) interaktif berbasis etnomatematika dengan menggunakan aplikasi Canva dan Liveworksheet. Aplikasi Canva dan Liveworksheet saat ini sudah umum digunakan oleh guru agar pembelajaran menjadi interaktif. Peserta didik menjadi aktif dalam pembelajaran dan terjadi komunikasi dua arah. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan atau Research and Development (RnD) dengan model pengembangan ADDIE. Pengembangan LKPD interaktif berbasis etnomatematika diuji dengan uji kevalidan. Pada uji kevalidan LKPD interaktif berbasis etnomatematika mendapatkan persentase 92,5% dari ahli media dan persentase 97,7% dari ahli materi sehingga LKPD interaktif berbasis etnomatematika ini berkategori sangat valid. 

PDF

References

Amalia, I. N. F., Roesminingsih, M. V., & Yani, M. T. (2022). Pengembangan LKPD Interaktif Berbasis Liveworksheet untuk Meningkatakan Hasil Belajar IPS Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8154-8162.

Anggraini, T., Rusmana, I. M., & Retariandalas. (2022). Eksplorasi Etnomatematika Pada Jajanan Tradisional Khas Betawi. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 181-188.

Borba, M. C., (1990). Ethnomathematics and Education. For the Learning of Mathematics, 5(1), 39-43

Darmayanti, N. P., Wiarta, I., Agustika, G. N. S. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran STAD berbasis Portofolio terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika. International Journal of Elementary Education, 2(3), 228-236.

Fauzi, L. M. et. al. (2022). Ethnomathematics: Mathematical ideas and educational values on the architecture of Sasak traditional residence. IJERE, 11(1), 250-259

Iskandar, R. S. F. et. al. (2020). A Systematic Literature Review: Ethnomathematics in Geometry. 1-17

Nisa, S. K., Yohanie, D. D., & Sulistyono, B. A. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Numerasi Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran, 5 Agustus 2023, 742-750.

Panhuizen, M. V. H., & Drijvers, P. (2014). Realistic Mathematics Education. Encyclopedia of Mathematics Education, 521-534

Pausa, R. & Zainil, M. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Book Creator pada Materi Bangun Ruang di Kelas V Sekolah Dasar. E-JIPSD, 11(1), 51-64

Rahmadani, Y., Yuniawatika, Bintartik, L., (2021). Pengembangan LKPD Interaktif Berbasis React Materi Pecahan pada Siswa Kelas 4 SD. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan, 1(10), 847–854

Rewatus, A. et. al. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Etnomatematika pada Matei Segitiga dan Segiempat. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 645-656

Santoso, G., Yulia, P., & Rusliah, N. (2020). Validitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Etnomatematika pada Materi Geometri dan Pengukuran. PHYTAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(2), 165-172.

Sarwoedi, et. al. (2018). Efektifitas Etnomatematika dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 3(2). 171-176

Utami, N. W. & Sayuti, S. A. (2020). An ethnomathematics study of the days on the Javanese Calendar for learning mathematics in elementary school. Ilkogretim, 19 (3), 1295-1305

Downloads

Download data is not yet available.