Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Etnomatematika pada Materi Bangun Datar Kelas 2 SDN Panjer
PDF

Keywords

Pengembangan
LKPD
Etnomatematika

How to Cite

Wulandari, V. P. N. . (2024). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Etnomatematika pada Materi Bangun Datar Kelas 2 SDN Panjer. Prosiding Seminar Nasional Kesehatan, Sains Dan Pembelajaran, 3(1), 432–442. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/seinkesjar/article/view/4547

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangan produk lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis etnomatematika pada materi penjumlahan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development. Model pengembangan ADDIE terdiri dari lima tahapan yaitu 1) Analisis, 2) Desain, 3) Pengembangan, 4) Implementasi, dan 5) Evaluasi. Hasil dari penelitian ini mengatakan bahwa produk LKPD berbasis etnomatematika materi bangun datar sangat valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran. Produk dinilai sangat valid berdasarkan rata-rata skor validasi ahli media pembelajaran dan materi matematika sekolah dasar dengan skor 90. Berdasarkan hasil uji praktikalitas, produk mendapat rating pengguna sebesar 94% dari guru kelas 2 SDN Panjer yang menunjukkan kriteria sangat praktis. Berdasarkan hasil uji coba luas, dapat disimpulkan bahwa produk yang dikembangkan efektif dengan skor nilai akhir siswa sebesar 83,4%.

PDF

References

Astuti, A., Zulfah, Z., & Rian, D. 2021. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Etnomatematika pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII SMP Negeri 11 Tapung. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 9222–9231. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.2452

Fauziah, Niniwati, & Wahyuni, Y. 2020. Ethnomathematics in the Room of the Rumah Gadang. Indomath: Indonesia Mathematics Education, 3(2), 100–109.

Hendriana, E., & Buyung, B. 2020. Development of Ethnomathematics-Based Student Worksheets on Course of Mathematics Basic Concept in STKIP Singkawang. Journal of Education, Teaching and Learning, 5(2), 238-243.

Heriyati, H., & Handayani, S. 2022. Ketupat Makanan Tradisional Betawi Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Etnomatika. Jurnal PEKA (Pendidikan Matematika), 5(2), 105–111. https://doi.org/10.37150/jp.v5i2.1415

Hisni, M., Ansori, H., & Sari, A. 2022. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Etnomatematika Budaya Banjar Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurmadikta, 2(1), 23–30. https://doi.org/10.20527/jurmadikta.v2i1.1218

Husna, N., & Abidin, Z. 2021. Development of student worksheets on ethnomathematics-based trigonometry through Project-Based Learning models. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1882, No. 1, p. 012071). IOP Publishing.

Khalimah, N., Farin, K. I., Nikmah, M., Ni’mah, K., & Jatmiko, J. 2017. Budaya kediri dalam pembelajaran matematika (pengembangan lembar kegiatan siswa (LKS) berbasis etnomatematika melalui pendekatan saintifik). JIPMat, 2(1).

Linasari, R., & Arif, S. 2022. Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Minat Belajar IPA Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 2(2), 186–194.

Maryati, & Prahmana, R. C. I. 2018. Ethnomathematics: exploring the activities of designing kebaya kartini. MaPan : Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 6(1), 11–19.

Nurhayati. 2022. Penerapan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas VI SDN 011 Sungai Salak. 11(June), 908–914.

Purohita, G. A. A. M., Subagia, W., & Suma, K. 2023. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik ( LKPD ) Berbasis Open Ended Problem untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains. 17(1), 37–49.

Rahmawati, F. 2021. Pengembangan Lkpd Berbasis Etnomatematika Dengan Motif Tapis Lampung Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas Vii Smp. Jurnal Didaktis Indonesia, 1(2), 141–155.

Rosa, M,. Dan Orey, DC. 2016. “Humanizing Mathematics through Ethnomodelling”. Journal of Humanistic Mathematics. Volume 6, Issue 2

Silvia, T. 2019. Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis etnomatematika pada materi garis dan sudut. Hipotenusa: Journal of Mathematical Society, 1(2), 38–45. https://doi.org/10.18326/hipotenusa.v1i2.38-45

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D (Kedua). In Alfabeta (Vol. 3, Issue 2).

Sugiyono. 2021. Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kulaitatif, dan R&D, dan Penelitian Pendidikan). Alfabeta.

Susanto, E., Malalina, M., & Yenni, R. F. 2022. Pengembangan LKPD Berbasis Etnomatematika Rumah Limas dengan Menggunakan Metode Inkuiri. Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 38–48. https://ejournal.unitaspalembang.com/index.php/nabla/article/view/98%0Ahttps://ejournal.unitaspalembang.com/index.php/nabla/article/download/98/42

Syavira, N. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Powerpoint Interaktif Materi Sistem Pencernaan Manusia Untuk Siswa Kelas V SD. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 5(1), 84–93.

Tembang, Y., Bito, G. S., Sholikhah, O. H., Merauke, U. M., & Flores, U. 2020. Exploration Ethnomathematics of the Malind Tribe for Building Character. IJoASER (International Journal on Advanced Science, Education, and Religion), 3(2).

Trisnani, N., Tri, W., & Utami, P. 2021. Ethnomathematics-Based Learning Tools. International Journal of Elementary Education, 5(4), 593–600.

Winangun, I. M. A. 2022. Analisis Problematika Proses Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. 3(1), 37–44

Downloads

Download data is not yet available.