Penerapan Lintas Diare pada Anak yang Mengalami Masalah Kekurangan Volume Cairan dengan Diagnosa Diare di Ruang Galuh RSUD Gambiran Kota Kediri
PDF

Keywords

lintas diare
kekurangan volume cairan.

How to Cite

Rosidah, D. ., Aizah, S. ., & Wati, S. E. . (2024). Penerapan Lintas Diare pada Anak yang Mengalami Masalah Kekurangan Volume Cairan dengan Diagnosa Diare di Ruang Galuh RSUD Gambiran Kota Kediri. Prosiding Seminar Nasional Kesehatan, Sains Dan Pembelajaran, 3(1), 238–242. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/seinkesjar/article/view/4517

Abstract

 

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan ditemukannya masalah kekurangan volume cairan yang merupakan masalah utama pada penyakit diare. Dampak diare sangat bermakna terhadap kesehatan terutama terhadap kelangsungan hidup bayi dan anak, sehingga perlu diterapkan cara penanggulangan diare yang cepat dan tepat oleh tim kesehatan. Tujuan penelitian untuk mengetahui efektifitas penerapan lintas diare dalam mengatasi masalah kekurangan volume cairan pada pasien diare. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan metode pendekatan studi kasus. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, pemeriksaan fisik, dan obeservasi yang dilakukan kepada dua responden yang mengalami masalah kekurangan volume cairan. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 5 - 7 Juli 2023 di Ruang Galuh RSUD Gambiran Kota Kediri. Hasil penelitian didapatkan adanya dehidrasi sedang dan berat pada pasien diare sebelum dilakukan penerapan lintas diare. Setelah dilakukan penerapan  lintas diare didapatkan penurunan tingkat dehidrasi dari tingkat sedang ke ringan, dan dari tingkat berat ke sedang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa lima langkah tuntas diare (lintas diare) efektif dalam menurunkan tingkat kekurangan cairan (dehidrasi) setelah dua hari diterapkan. Penerapan lintas diare yang disarankan kepada orang tua saat anak diare di rumah yaitu pemberian ASI/makanan dan oralit.

PDF

References

Ambarawati, R., 2018. Gambaran Tingkat Pengetahuan Dan Sikap Ibu Terhadap Kejadian Diare. Jurnal Keperawatan Vol, G S H Juli, No, 7(2), pp. 1–9.

Arsurya, Y., Rini, E. A., & Abdiana, A. 2017. Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu tentang Penanganan Diare dengan Kejadian Diare pada Balita di Kelurahan Korong Gadang Kecamatan Kuranji Kota Padang. Jurnal Kesehatan Andalas, 6(2).

Bela, S. 2016. Asuhan Keperawatan pada An. W dengan Gangguan Sistem Pencernaan: Demam Thypoid di Ruang Anggrek RSUD Sukoharjo (Doctoral dissertation, STIKES Muhammadiyah Klaten).

Depkes RI. 2019. Panduan Sosialisasi Tataksana Diare Pada Balita Untuk Petugas Kesehatan. Jakarta: Kementrian Kesehatan Republik Indonesia Direktorat Jendral Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan.

Kementerian Kesehatan RI. 2018. Profil Kesehatan Indonesia. https://www.kemkes.go.id/id/profil-kesehatan-indonesia-2018

Lestari. 2014. Perawatan Bayi dan Balita. Yogyakarta: Saufa

Ngastiyah. 2014. Perawatan Anak Sakit. Edisi 2. Jakarta: EGC.

Ribek, N. Dkk. 2020. Gambaran Perawatan Anak Diare Di Puskesmas Provinsi Bali. Ejournal. Poltekkes-Denpasar.Ac.Id, 13(1), p. 28.

Saputri, N. 2019.Hubungan Faktor Lingkungan Dengan Kejadian Diare Pada Balita di Puskesmas Bernung. Ilmu keperawatan dan kebidanan, 10 (1). 2019.

World Health Organization (WHO). 2018. Deafness and hearing loss. http://www.who.int/mediacentre/factsheets/fs300/

Downloads

Download data is not yet available.