Pendidikan HAM dalam Kisah Tragis Marsinah: Menggugah Kesadaran akan Pentingnya Perlindungan Hak Asasi Manusia
PDF

Keywords

Hak Asasi Manusia
HAM
Marsinah
orde baru

How to Cite

Rista, D. ., & Wiranata, I. H. . (2024). Pendidikan HAM dalam Kisah Tragis Marsinah: Menggugah Kesadaran akan Pentingnya Perlindungan Hak Asasi Manusia. Prosiding Seminar Nasional Kesehatan, Sains Dan Pembelajaran, 3(1), 359–368. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/seinkesjar/article/view/4536

Abstract

Problematika hak asasi manusia telah menjadi isu global dan menjadi tuntutan bangsa-bangsa di dunia terutama Indonesia. Eksistensi kode etik tentang HAM tidak dengan sendirinya menjamin rekognisi terhadap HAM. Hal itu disebabkan karena berbagai macam dan bentuk pelanggaran HAM yang masih kerap terjadi. Pelanggaran HAM dalam bentuk pembunuhan penyiksaan, pemerkosaan, penculikan dan penahanan tanpa proses pengadilan merupakan gejala yang umum terjadi di negara-negara yang dilanda konflik separatis atau komunal. Masa kelam Orde Baru telah diketahui bahwa pada saat itu rakyat ditekan sedemikian rupa sehingga mereka tidak mempunyai kekuatan untuk melawan atau sekadar bersuara sekalipun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kasus yang sangat mengemuka pada penghujung kekuasaan orde baru mengenai penindasan HAM, yaitu kasus pembunuhan seorang buruh wanita bernama Marsinah, serta bertujuan untuk memberikan wawasan arti pentingya hak dan kewajiban warga negara terhadap Hak Asasi Manusia.

PDF

References

A'isyah, S. (2022). Buruh Tani Dalam Hukum Positif: Sebuah Kajian Perundangan untuk Upaya Gagasan Perlindungan. Jurnal Hukum Islam, 5 (1).

Danang. (2017). Oligarki Kekuasaan Dalam Kaca Mata Vedi R Hadiz. Suluh Pergerakan.

Djuanto SH. (2018). Tindak Pidana Menghalang-Halangi Kegiatan Serikat Pekerja/ Buruh (Union Busting). Doctoral dissertation, Universitas Airlangga.

Harruma, I. (2022). Upaya Pemerintah dalam Menegakkan HAM. Retrieved from https://nasional.kompas.com/read/2022/05/31/05000021/upaya-pemerintah-dalam-menegakkan-ham

Hasnda, N. (2022). Eksistensi Perlindungan HAM Tingkat Regional Asean. Jurnal Rechten: Riset Hukum Dan Hak Asasi Manusia, 4 (3).

Indmas, M. (2023). Kisah Kematian Marsinah, Aktivis Perempuan yang Meninggal Tragis, dr. Mun'im Idris Ungkap Fakta Ini. TVone.

Joesha, s. (2017). Terbunuhnya Marsinah, dan Tragedi Seorang Buruh. blogger joeshapictures.

Krisnadi, I. Q. (2014). Konspirasi Politik Dalam Kematian Marsinah Di Porong Sidoarjo Tahun 1993-1995. Publika Budaya, 3 (2).

Lestari, L. E., & Arifin, R. (2019). Penegakan Dan Perlindungan Hak Asasi Manusia Di Indonesia Dalam Konteks Implementasi Sila Kemanusiaan Yang Adil Dan Beradab. Jurnal Komunikasi Hukum (JKH) Universitas Pendidikan Ganesha.

Mardiana, N. (2001). Pengarang, Implikasi Dan Hakasasi Manusla Dalam Naskah Jll/Arsinah, Ny Any/An Dari Bawah Tanah. Skripsi IR Universitas Airlangga.

Nursalim. (2013). PKn Sebagai Pendidikan Nilai-Moral Dan Tantangannya. Prosiding Seminar Nasional, 1 (1).

Pristiani, Y. D. (2020). Hubungan Antara Pemahaman Hak Asasi Manusia Dengan Sikap Sosial Siswa Kelas X SMK PGRI 4 Kediri. Doctoral dissertation, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Selyawati, N. P., & Dewi, M. C. (2017). Implementasi Nilai-Nilai HAM Universal Berdasarkan Universal. Lex Scientia Law Review. Volume 1 No. 1.

Sasmita, W. (2023). Meningkatkan Kemampuan Literasi Digital untuk Menumbuhkan Budaya Akademik Mahasiswa Universitas Nusantara PGRI Kediri. In Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran) 6: 19-32.

Wiranata, I. H. (2022). Implementasi Demokrasi dan Hak Asasi Manusia dalam Membangun Masyarakat yang Demokratis. Jurnal Kalacakra: Ilmu Sosial dan Pendidikan, 3(1), 41-46.

Yusuf, M. (2011). Refleksi Tiga Belas Tahun Pejuang Buruh Perempuan Kasus Tragedi Marsinah. Muwâzâh, Vol. 3, No. 1

Zaima, S. Z. (2022). Pentingnya Penegakan Ham Bagi Generasi Muda. Researcgate.

Downloads

Download data is not yet available.