Analisis Nilai Nilai Pendidikan Karakter Dalam Ekstra Kurikuler PSHT DI SMP 1 Berbek
PDF

Keywords

pendidikan karakter
Estarkulikuler
PSHT

How to Cite

[1]
“Analisis Nilai Nilai Pendidikan Karakter Dalam Ekstra Kurikuler PSHT DI SMP 1 Berbek”, Seinkesjar, vol. 5, no. 1, Oct. 2025, doi: 10.29407/kyjb0705.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran pencak silat PSHT dalam membentuk karakter di SMP 1 Berbek dan untuk mendeskripsikan karakter yang dibentuk oleh PSHT. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan tenik analisis data berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah pelatih Pencak Silat PSHT dan siswa. Hasil penelitian pada penelitian ini dalam pembentukan karakter siswa dapat diakukan kerja sama yang baik antara guru dan pelatih, karakter siswa tidak hanya di bentuk melalui kegiatan pembelajaran di sekolah saja, akan tetapi melalui kegiatan ekstrakurikuler pencak silat PSHT ini juga karakter siswa dapat di bentuk menjadi lebih baik lagi Kesimpulan Dari yang kurang disiplin saat belajar di sekolah, menjadi lebih disiplin setelah mengikuti kegitan pencak silat, dari yang kurang akrab di sekolah setelah mengikuti kegiatan pencak silat menjadi lebih akrab, dari yang kurang peduli terhadap lingkungan sekitar menjadi lebih peduli. Jadi, peran PSHT ini sangat penting dalam pembentukan karakter siswa baik itu karakter disiplin, gotong royong, tanggung jawab, dan religius.

PDF

References

Adyanto, Sisworo Putut, Muhajir, dan Khusnul Fajriyah, 2018. Karakteristik Siswa Anggota Ekstrakurikuler Pencak Silat Ditinjau Dari Nilai Karakter, Jurnal Sintetk, No. 1 Vol. 1

Ardianto, Elvinaro, 2016. Metodologi Penelitian Untuk Public Relations Kuantitatif fan Kualitatif, Bandung : Simbiosa Rekatama Media.

Affandy, 2012. Buku Panduan Pelayanan Kontrasepsi, Jakarta : PT. Bina Pustaka Sarwono Prawirohadjo

Allsabah, M. A. H., & Sugito. (2021). Bola Basket: Permainan dan Pembelajaran. Insan Cendekia Mandiri.

Fatoni, Abdurrahman, 2006. Metodologi Penelitian dan Tehnik Penyusunan Skripsi, Jakarta: PT. Rinekha Cipta, hlm 104-105.

Bungin, Burhan, 2007. Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Public, Dan Ilmu Sosial Lainnya, Jakarta : Kencana, Ed 1, Cet. 2

Cahyono, Dwi. 2008. , Persepsi Ketidakpastian Lingkungan, Ambiguitas Peran, dan Konflik Peran Sebagai Mediasi antara Program Mentoring dengan Kepuasan Kerja, Prestasi Kerja dan Niat Ingin Pindah, Semarang : Universitas Diponegoro

Departemen Pendidikan Nasional, 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama

J. Lexy, Moelong, 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung : Remaja Rosdakarya.

Judiani, Sri, 2010. “Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasa Melalui Penguatan Pelaksanaan Kurikulum”, dalam Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta : Balitbang Kemendiknas

Yaumi, Muhammad, Pendidikan Karakter: Landasan, Pilar dan Implementasi, 83

Kurniawan, Syamsul, 2016, Pendidikan Karakter, Konsepsi dan Implementasinya Secara Terpadu di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi dan Mayarakat Yogyakarta: ArRuzzmedia, hal 179

Eki, Muhammad, “Pengembangan Sikap Disiplin Siswa Dalam Rangka Implementasi Pendidikan Karakter Bangsa Di SMPN 1 Sukasada”, Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, Vol. 6 NO. 2, (2018) hal 3

Kusendang, Eni, 2018. “Penanaman Nilai Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Pada Siswa Melalui Ekstakurikuler Pencak Silat di MI Ma’arif

Suharnoko, F., & Firmansyah, G. (2018). Pengembangan Model Pembelajaran Melompat Melalui Permainan Lompat Cermin untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 4(2), 145. https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v4i2.12169

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2025 Ilham Muji Ridho Pangestu