Abstract
Pendidikan kebidanan di indonesia terdiri dari jenjang D3, D4, S1, profesi, S2. Pendidikan profesi bidan merupakan pendidikan kebidanan yang baru berdiri pada bulan Oktober 2017. Banyaknya minat terhadap pendidikan profesi bidan tersebut mengakibatkan pendidikan di indonesia berkembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi minat dari sudut pandang dan motivasi terhadap melanjutkan profesi bidan. Metode penelitian ini deskriptif Kualitatif dengan menggunakan wawancara. Sampel yang digunakan adalah 10 TPMB yang ada di Kota Kediri. Penyajian data secara deskriptif, dan penarikan kesimpulan dari hasil pembahasan. Reduksi data dilakukan dengan merangkum, memilih hal-hal pokok, dan memfokuskan hal-hal penting pada transkrip wawancara mendalam. Hasil Penelitian ini adalah minat seorang bidan terhadap pendidikan profesi berbeda-beda yaitu sangat berminat dan berminat karena tuntutan pekerjaan. Minat tersebut timbul berdasarkan The Factor Of Inner Urge, The Factor Of Sosial Motive, Emotional Factor dan kesadaran akan pentingnya Pendidikan profesi bidan. Kesimpulan: berdasarkan sudut pandang seorang bidan kelas ahli jenis terhadap pendidikan seorang bidan beranggapan bahwa perlu untuk meningkatkan lulusan pendidikan profesi bidan di Indonesia sehingga sudut padang tersebut membentuk minat seorang bidan untuk mengikuti Pendidikan profesi bidan. Peneliti berharap agar bidan melanjutkan pendidikan profesi sehingga dapat memberikan pelayanan kebidanan yang komprehensif kepada ibu dan anak dalam tatanan praktik Bidan mandiri.
References
Azizah, N. (2023). Buku Ajar Psikologi Pendidikan Profesi Bidan. Sidoarjo: UMSIDA Press.
Berlinasari, M., & Erawati, N. M. A. (2017). Pengaruh Motivasi, Biaya Pendidikan Dan Lama Pendidikan Pada Minat Mahasiswa Akuntansi Mengikuti PPAk. EJurnal Akuntansi Universitas Udayana, 1(1), 447–476.
Darna, A. R. P., Utomo, B., & Frety, E. E. (2021). Gambaran Minat Mahasiswa Kebidanan terhadap Pendidikan Profesi Bidan. Indonesian Midwifery and Health Sciences Journal, 5(3), 251–260. https://doi.org/10.20473/imhsj.v5i3.2021.251-260
Erawati, A. D., Rinayati, R., & Wahyuning, S. (2019). Persepsi Bidan Terhadap Kualifikasi Pendidikan Bidan Dalam Undang - Undang No.4 Tahun 2019 Tentang Kebidanan. Jurnal SMART Kebidanan, 6(2), 114. https://doi.org/10.34310/sjkb.v6i2.275
Pemerintah RI. (2019). Undang-undang RI No. 4 Tahun 2019 Tentang Kebidanan.
Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.
Susanti, A. I. (2021). Perbandingan Kurikulum Pendidikan Bidan di Indonesia, New Zaeland, dan Australia. Inovasi Kurikulum, 18(2), 196–207. https://doi.org/10.17509/jik.v18i2.36410