Abstract
Upaya meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran penjas melalui modifikasi bolavoli pada siswa kelas 8 MTs Hidayatus Sholihin Turus Gurah Kediri. Proses pembelajaran dilakukan dengan bentuk memodifikasi alat pembelajaran supaya siswa lebih termotivasi dan lebih semangat dalam mengikuti pembelajaran agar penyampaian materi kepada siswa lebih maksimal dan lebih mudah dipahami. permasalahan penelitian ini adalah: dari di temukannya permasalahan yang ada, tidak semuanya di jadikan masalah dalam penelitian ini. Penelitian ini hanya di batasi pada permasalahan Bagaimana cara meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran bolavoli melalui modifikasi bola gantung pada siswa kelas VIII MTs Hidayatus Sholihin Desa Turus Kec. Gurah Kab. Kediri. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Hidayatus Sholihin Desa Turus Kec. Gurah Kab. Kediri, sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 32 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dimana setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi (pengamatan), dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi yang digunakan untuk mengetahui pemahaman siswa terhadap materi bolavoli. Berdasarkan dari hasil penelitian diatas, disumpilkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan modifikasi bola Gantung dapat meningkatkan hasil belajar bolavoli siswa. Oleh karena itu diharapkan bagi siswa dengan adanya modifikasi pembelajaran melalui Bola gantung agar lebih semangat lagi mengikuti pembelajaran penjasorkes, bagi guru penjasorkes di MTs Hidayatus Sholihin dapat menggunakan modifikasi bola gantung dalam pembelajaran bolavoli.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright (c) 2021 M. Ridwan Abdullah